Setelah turun dari bangku kepresidenannya, nama Barack Obama sudah jarang terdengar di media. Namun, untuk mengingat sekaligus bentuk apresiasi terhadap jasanya dalam memimpin selama dua periode, wajah Barack Obama beserta istri, Michelle Obama diabadikan dalam sebuah lukisan yang baru saja dirilis oleh Smithsonian’s National Portrait Gallery.

Dilansir dari Channel NewsAsia, untuk melukis keduanya, Obama memilih Kehinde Wiley dan Amy Sherald. Sekadar informasi, Kehinde Wiley dan Amy Sherald merupakan seniman kulit hitam pertama yang pernah ditugaskan untuk melukis presiden atau ibu Negara untuk SmithSonian. Dalam hasil karyanya, mereka melukiskan Obama dengan pose duduk di kursi berwarna cokelat dengan latar belakang dedaunan dan bungan warna-warni. Sedangkan Michelle Obama dilukiskan dengan pose duduk dengan satu tangan di bawah dagunya sembari mengenakan gaun panjang yang didesain dengan bentuk geometris.

Sebagai seorang seniman, Kehinde Wiley mampu menggambarkan detail identitas Obama melalui gambar tersebut. Bunga lily biru merupakan simbolis dari Afrika yang mewakili Kenya sebagai tanah kelahiran sang ayah. Sedangkan bunga melati sendiri adalah simbolis Hawaii, tempat Obama lahir. Dan yang penting terlihat bunga Krisan yang melambangkan Chicago, sebuah tempat yang mengawali karir politik Obama.

Selain ditakjubkan dengan hasil karya tersebut, ada hal unik dan menarik lainnya yang menimbulkan kerinduan mendalam kepada Barack Obama dan Michelle Obama.  Salah satunya saat Obama mengatakan kalau dia bernego dengan sang pelukis untuk mengurangi rambut putihnya dan mengecilkan sedikit telinganya. Tentu saja candaan khas Obama yang terkenal humoris tersebut membuat setiap orang menjadi rindu kepadanya.

Sedangkan untuk hasil lukisan istrinya, Obama memberikan apresiasi yang sangat tinggi karena Amy Sherald mampu membuat karya yang begitu sempurna. Sampai-sampai Obama mengatakan kalau lukisan istrinya begitu “hot”. Terlepas dari pujian serta rasa takjub akan hasil karya tersebut, ada pula beberapa netizen yang sedikit kecewa dengan hasil karya tersebut seperti yang dilansir dari ABC News.

Kalau menurutmu, bagaimana hasil lukisan tersebut?

Apa Tanggapanmu?
  • Fascinated
  • Happy
  • Bored
  • Angry
  • Sad
  • Afraid

Apa Komentarmu ?

komentar