HobbiesI Like It

Keunikan Para Blogger Indonesia

Hai.. Sahabat Pibi,…. Tahukah kamu, setiap tanggal 27 di bulan Oktober diperingati sebagai Hari Blogger Nasional ? Iya, hari ini para blogger di Indonesia sedang memperingati Hari Blogger Nasional, peringatan ini berjalan sejak 2007.

Perkembangan dunia blogger saat ini semakin pesat. Profesi sebagai blogger mulai dilirik karena bukan lagi sebagai media curhat semata. Berbagai macam brand terkenal sudah cukup dikenal luas dalam mengenalkan produknya lewat karya para blogger. Mulai poduk ponsel hingga sabun kewanitaan.

Komunitas blogger pun saat ini ikut berkembang. Apa saja sih komunitas yang ada sekarang ini?

ilustrasi

Blogger Perempuan, meskipun namanya Blogger Perempuan, komunitas ini mempunyai lini bisnis yang juga menyediakan tempat untuk blogger laki-laki. Blogger Perempuan mulai aktif pada 2015 dan saat ini beranggotakan sekitar 4000 blogger.

Emak Blogger, dari namanya emak, udah kebayang donk anggota komunitas ini profilnya gemana. Ya.. komunitas blogger ini beranggotakan emak-emak atau ibu-ibu. Komunitas yang didirikan pada tahun 2012 ini kini beranggotakan lebih dari 3000 orang. Meskipun belum menjadi emak, boleh kok ikut komunitas ini.

Selain komunitas berbasis gender seperti Blogger Perempuan dan Emak Blogger,ada juga berbagai komunitas yang berdasarkan asal daerah blogger.

Sebut saja Blogger Plat-M (blogger Madura), Gandjel Rel (komunitas blogger perempuan Semarang), Asinan Blogger (blogger dari wilayah Bogor), Anging Mammiri (komunitas blogger Makassar), Buda’ Blogger (komunitas blogger di Pontianak), dll.

ilustrasi

Ada juga komunitas blogger yang berdasarkan niche atau kategori blognya. Ada beauty blogger, food blogger, travel blogger, tekno, dll. Selain itu ada komunitas yang menulis di platform keroyokan, artinya bukan personal blog. Contohnya Kompasiana (dengan komunitasnya Kompasianer).

Komunitas blogger tersebut sekarang bukan lagi hanya sekedar jadi tempat ngumpul loh. Hampir semuanya sekarang juga berperan semacam agensi yang siap membagikan berbagai macam pekerjaan online untuk para anggotanya. Pekerjaan  bukan hanya menulis di blognya masing-masing, tapi juga di platform media sosial milik para blogger itu. Entah di Instagram, Twitter, Facebook, bahkan YouTube.

By Diane Suryaman

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close