CelebritiesNews & Information

Kontroversi BTS Antara Dipuja Dan Dihujat

Saat ini BTS menjadi boyband dari Korea yang sangat popular di dunia. Prestasi demi prestasi berhasil mereka torehkan. Beberapa bulan yang lalu, album terbaru BTS yang berjudul “”Love Yourself 轉 – Tear” menjadi album K-pop pertama yang menduduki posisi pertama Billboard 200 Chart.

September 24, lalu, BTS diundang Sidang ke-73 Majelis Umum PBB dalam acara peluncuran kampanye “Genarasi Unlimited”. BTS memberikan pidato yang sangat inspiratif untuk anak muda di seluruh dunia.

Tak berhenti disitu, pada 11 Oktober lalu, BTS terpilih menjadi cover salah satu majalah bergengsi, yakni TIME.  BTS menjadi K-pop pertama yang terpilih menjadi cover majalah Time. Mereka mampu mensejajarkan diri dengan One Driection, maupun The Beatles yang pernah menjadi cover majalah Time, sebelumnya. Hal ini termasuk sebuah kebanggan tersendiri bagi BTS. 21 Oktober kemarin, BTS kembali mendapatkan penghargaan Best International Group dan Best Social Media Star di BBC Radio 1’s Teen Awards 2018.

Namun, siapa sangka. BTS yang begitu populer di mata dunia,  tapi dihujat di negara asalnya. Bukan tanpa alasan, pada tanggal 25 September lalu sekelompok orang menyebarkan petisi di Korea untuk membubarkan grup asuhan Big Hit Entertainment ini.

Petisi ini muncul karena beredar kabar bahwa seluruh personil BTS akan dibebaskan dari wajib militer. Mereka menolak perlakukan khusus pada BTS, karena wajib militer adalah harus dilaksanakan oleh pria yang berusia 18 hingga 30 tahun.

Memang, setelah berhasil manjalani debut di Amerika dan menyebarkan pengaruh K-wave disana, tersiar BTS bisa saja dibebaskan wajib militer. BTS dianggap mampu mengharumkan nama bangsa atas deretan pretasi yang ditorehnya di mata dunia.

Sebaran petisi terhadap BTS, sumber https://www1.president.go.kr/petitions/389533

Sejumlah kelompok tak tinggal diam, mereka mengajukan petisi untuk diajukan ke platform petisi online pemerintah Korea Selatan. Petisi tersebut, kabarnya  sudah ditanda tangani oleh lebih dari 3 ribu orang.

Petisi ini akan diserahkan kepada presiden apabila sudah mendapatkan 200 ribu suara.

Intinya, mereka menolak perlakuan khusus BTS, walaupun mereka dianggap mampu mengharumkan nama Korea Selatan.

By Nana Riyana

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close