Bicara mengenai industri pertanian, mungkin Indonesia adalah rajanya. Sebab, Indonesia telah dinobatkan sebagai Negara Agraris karena sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai petani. Nah, karena begitu banyak masyarakat yang bercocok tanam, sudah pasti hasil tani Indonesia berkualitas. Setuju kan, PiBi?

Sebagai warga yang baik, kita harus bangga loh, PiBi, karena kualitas hasil tani Indonesia juga diakui oleh International. Adapun hasil tani andalan kita adalah cengkeh, tembakau, hingga kopi. Yap, beberapa hasil tani tersebut merupakan maskot andalan yang harus terus dilestarikan. Cara melestarikannya pun bisa dengan banyak cara, mulai dari mengkonsumsi sendiri, menyebarluaskan, hingga mendukung petani dalam proses penggarapan. Seperti yang dilakukan oleh startup baru ini, yaitu Kopitani.

Yap, dari namanya saja mungkin kamu sudah tahu kalau startup ini bergerak dalam industri tani, khususnya kopi. Berbasis jual beli, startup paling baru ini merupakan platform yang akan menyediakan berbagai kopi khas Indonesia. Secara sederhana bisa dikatakan kalau Kopitani merupakan platform jual beli kopi asli Indonesia.

Tapi lebih dari itu, Kopitani sebenarnya tidak hanya menjual kopi, melainkan ada misi lain di dalamnya, yakni memberdayakan kopi khas Indonesia dengan memperhatikan kualitas serta layak tidaknya untuk dikonsumsi. Selain itu, Kopitani juga bisa membantu petani dalam mendistribusikan kopinya ke seluruh Indonesia, bahkan mancanegara. Lalu, Kopitani juga memiliki sebuah program yang bernama donasi bibit, pendampingan, dan replanting.

Di platform ini pula, kamu bisa membeli berbagai macam kopi tanpa perantara loh, PiBi. Mulai dari kopi Toraja, Aceh Gayo, Flores, Kintamani, Minang, Kalosi, dan berbagai kopi khas Indonesia lainnya. Jadi, kamu bisa langsung membeli dari petaninya. Dengan begitu, harga dan kualitasnya pasti bisa dipertanggungjawabkan. Daripada berlama-lama, mending langsung aja cek website resminya di sini yuk!

Apa Tanggapanmu?
  • Fascinated
  • Happy
  • Bored
  • Angry
  • Sad
  • Afraid

Apa Komentarmu ?

komentar