Uncategorized

KREATIF! BISNIS BARU, KURIR SEPEDA.

Jaman dulu sepeda termasuk kedalam alat transportasi utama, orang kalo kemana-mana kalo gak naik sepeda ya jalan kaki. Dengan kemajuannya teknologi otomotif munculah motor dan mobil untuk mempercepat dan memudahkan mobilitas kita. Saat ini dengan adanya motor dan mobil sepeda agak dikesampingkan, di kota-kota besar misalnya kita bisa menghitung menggunakan jari, berapa orang yang menggunakan sepeda sebagai alat transportasi utama. Nampaknya sepeda beralih fungsi yang dulunya sebagai transportasi utama, menjadi identik dengan olahraga, ramah lingkungan, kesehatan bahkan sudah bisa dikategorikan hobi.

Dari situ lahirlah komunitas-komunitas pecinta sepeda yang terus berkembang dari segi anggota maupun kegiatan, yang sebenarnya mempunyai tujuan sama yaitu untuk menjaga agar sepeda tetap lestari. Berangkat dari komunitas, mahasiswa ITB di Kota Kembang ini membikin Kurir Sepeda. Bagaimana bisnis kurir sepeda tersebut ? apakah sama dengan ojek online ?

Nah PalingBaru.com tertarik mengamati bisnis baru yang yang bergerak di bidang jasa dan  sangat kreatif ini. Hampir sama dengan bisnis ojek online yaitu jasa kurir. jika ojek online bisa mengantar manusia, kurir sepeda khusus mengantar barang. “Punten” adalah nama bisnis kurir sepeda yang dipilih Anugrah (30) sang pemilik bisnis kurir sepeda, sedangkan tagline nya adalah “ZeroCarbon Courier” yang bermakna kurir yang ramah lingkungan dan jauh dari polusi.

Punten ialah layanan antar-jemput barang dan dokumen dengan cakupan layanan di Kawasan Bandung Metropolitan (Kota Bandung, Kota Cimahi, Kab. Bandung, dan Kab. Bandung Barat). Kelebihan Punten:

  1. Environtmentally responsible courier service
  2. Affordable price
  3. Most reliable courier at peak hour

Anugrah menggandeng komunitas untuk mengembangkan bisnis kurir sepedanya, seperti yang dikatakan Anugrah kepada Money.id, ”Kami masih belum besar, masih melakukan banyak pembenahan. Jadi rider juga baru teman-teman terdekat saja” Kamis 26 November 2015. Persiapan bisnis kurir sepeda ini tidak lama, hanya sebulan saja. Sedangkan untuk rider kurirnya Anugrah sementara merekrut teman-teman terdekatnya. “Sekarang kurirnya ambil yang kenal dulu. Sekarang kita sedang bangun sistemnya. Kami juga mau bikin aplikasi untuk pemensanan,” ucapnya pada Money.id

Sementara Punten sedang membangun system dan akan membikin aplikasi untuk pemesanannya, saat ini pemesanan kurir sepeda bisa melalui aplikasi Whatsapp dengan format “Nama-asal-tujuan-jenis barang”. Kurir bersepeda Punten  Mengantar barang dan dokumen <7kg & <20km di Bandung dan sekitarnya, jam operasionalnya 07.00-22.00, maximal waktu pengirimannya 8 jam. Sedangkan untuk Tarifnya mengantarkan barang dan dokumen dipatok harga 10-15rb untuk Kota Bandung dan 15-30rb untuk Kab. Bdg, KBB, dan Cimahi, per-1kg pertama.

Menarik bukan ? akankah kota-kota lain menyusul mempunyai Bisnis Kreatif yang ramah lingkungan ini ? Semoga Menginspirasi!

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close