I Like ItTau Gak Sih?

Kukang Sering Disebut Hewan Pemalas, Padahal Bukan. Ini Faktanya

Sahabat Pibi, ingatkah kamu dengan karakter kukang yang berada di film Zootopia?

Dalam film garapan Disney, Kukang yang diberi nama Flash memiliki gerakan yang sangat lamban. Dan Begitulah pada kenyataannya, kukang memang terkenal dengan gerakan yang sangat lambat, ia hanya bisa bergerak sejauh 38 meter dalam sehari.

Kukang bisa menghabiskan tidur sampai 15 jam dalam sehari. Karena geraknya yang lamban dan suka tidur itulah kebayakan orang berpendapat kukang adalah hewan pemalas. Padahal sesungguhnya kukang bukan hewan pemalas.

Gerakan yang lambat karena Kukang harus melakukan manajemen energi.

Kukang adalah hewan herbivora yang hanya mengkonsumsi daun-daunan dan kelopak bunga serta ranting pepohonan sepanjang hidupnya.

Kukang tidak pernah mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak, karbohidrat, maupun protein sama sekali. Inilah yang membuatnya tidak memiliki banyak energi untuk bergerak.

Hewan ini juga memiliki tingat suhu tubuh yang rendah. Karena hidup di alam liar, Kukang harus bisa mengatur energi dalam tubuhnya agar bisa bertahan hidup walaupun dengan tingkat metabolisme yang rendah.

Makanya, kukang berjalan lamban dan tidur lebih lama karena dia menghemat energi yang ada pada tubuhnya. Bayangkan, untuk mencerna makanan, kukang membutuhkan waktu hingga 50 hari untuk mencerna makanan.

Dalam kehidupannya, kukang lebih sering menghabiskan hidupnya berada diatas pohon, karena ia lebih mudah mendapatkan makanan dan bersembunyi dari serangan predator. Karena kukang sendiri tidak punya cukup tenaga untuk menghindari predator yang ingin memangsanya.

By Nana Riyana

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close