Uncategorized

Kuliner Khas Palembang Yang Buat Kamu Ketagihan! Asli Nikmat, Bikin Merem Melek!

Pergi wisata ke Palembang rasanya kurang lengkap jika tidak mencoba berbagai kuliner khas Kota Palembang yang menggugah selera. Selain Pempek, Palembang menyimpan kuliner khas lainnya yang pasti akan membuat kamu ketagihan dan merem melek saking nikmatnya. Penasaran? Check this out!

1. Martabak HAR

Martabak HAR berbeda dengan martabak telur kebanyakan lainnya. Martabak HAR terbuat dari kulit tipis yang renyah dengan isian telur ayam atau telur bebek, sesuai dengan pilihan masing-masing. Bedanya dengan martabak telur adalah, di sini kamu tidak akan menemukan daging atau bawang Bombay. Menariknya, penyajian Martabak HAR begitu menggiurkan dengan siraman kuah kari kambing yang kaya rempah dan bercita rasa pedas. Konon katanya, Martabak HAR merupakan kepanjangan dari Haji Abdul Rozak, yang merupakan keturunan dari India dan memiliki istri orang Palembang. Sehingga tercipta lah Martabak Har, perpaduan unik antara India dengan Palembang. Martabak HAR bisa kamu temui dihampir seluruh Kota Palembang, kalian bisa mampir di kedai milik cucu Haji Abdul Rozak , yaitu di “Martabak & Resto Har” Jl. Jendral Sudirman no. 2269

Martabak HAR ( Source: Cumilebay) 

2. Celimpungan

Celimpungan masih termasuk turunan dari Pempek. Bahan utamanya adalah ikan, sagu, telur ditambah bahan untuk kuah seperti santan, daging dan ikan tenggiri.  Berbeda dengan Pempek yang memiliki jenis beragam serta menggunakan cuka untuk kuahnya, sedangkan Celimpungan hanya memiliki 1 jenis saja yaitu bulat seperti bakso dan menggunakan kuah santan berwarna kuning yang rasanya super gurih. Berdasarkan sejarah, warna kuning dari kuah santannya bermakna meriah, ramai dan semarak. Celimpungan tidak mudah ditemui karena sudah jarang yang menjualnya, jika kamu penasaran kamu bisa bertandang ke Warung Kopi H. Madina di jalan Dr. M Isa, dekat Pasar Kuto Palembang.

Celimpungan (Source: Kokicafe) 

3. Mie Celor

Penampilan Mie Celor sungguh menggugah selera dan membuat perut keroncongan. Disajikan dengan kuah santan yang kental dengan bumbu kaldu udang, citarasanya gurih dan nikmat, apalagi jika dimakan dengan pelengkap telur rebus, udang, daun bawang, dan bawang goreng. Mie Celor disantap panas-panas, bersatu padu dengan gurihnya udang dan santan akan membuat kamu merem melek saking nikmatnya. Mie Celor merupakan kuliner khas Palembang yang tidak boleh kamu lewatkan, untuk itu kamu bisa mampir ke restoran Mie Celor 26 Ilir H. M. Syafei Z di Jl. K. H. Ahmad Dahlan. Rasanya akan membuat kamu ketagihan dan gagal diet!

Mie Celor (Source: Koki Cafe)

4. Nasi Minyak

Nasi Minyak adalah olahan nasi yang diberikan minyak samin, disajikan dengan lauk pendamping Malbi Sapi (daging sapi yang dimasak manis dengan kecap dan rempah rempah), kari kambing, sate buntel, burung punai goreng, sambal nanas dan acar mentimun. Rasanya sungguh nikmat, Nasi Minyak memiliki cita rasa yang pulen dipadu gurihnya santan dan rempah rempah yang kuat dipadu dengan kari kambing, perpaduan yang pas!. Sekilas memang mirip dengan nasi kebuli, tapi percaya deh yang ini beda dan enak banget! Untuk menikmati Nasi Minyak kamu bisa berkunjung ke RM H Abuk yang terletak di Jalan Dr M Isa, 8 Ilir.

Nasi Minyak ( Source: qbbfansclub)

Baca Juga: 

Martabak Asin Beraneka Topping, Yang Kekinian dan Rasanya Nagih Abis!!

Roti Berbentuk Bola Makanan Generasi Terbaru Produk “Eat the Ball”

Menu Menggugah Terbaru Dari Pizza Hut! Meat Lovers Dengan 3 Rasa Baru, Menu Sampingan, Minuman Dan Sensasi Delight Yang Super Nikmat!

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close