HealthNews & Information

Kurangi Asupan Garam Bila Sering Terbangun ke Toilet di Malam Hari

Palingbaru- Adakah Sahabat PiBi yang sering terbangun di malam hari karena ingin ke toliet ? Bila sekali saja, tentunya tidak masalah.

Namun, bila berulang kali terbangun ketika sedang enak-enaknya tidur karena ingin ke toilet, tentunya sangat menganggu kenyamanan beristirahat.

Ternyata, kebiasaan yang menganggu itu tidak lepas dari asupan makanan yang kita konsumsi.

Terutama bagi kalian yang suka mengonsumsi makanan yang mengandung garam. Semisal camilan ringan yang asin.

Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa mengurangi asupan garam ternyata dapat mengurangi frekuensi pergi ke toilet.

Dalam sebuah studi yang pernah dilansir Indian Express, para peneliti meneliti 321 pria dan wanita yang asupan garamnya tinggi dan memiliki masalah tidur.

Peneliti lalu menyarankan mereka mengurangi konsumsi garam selama tiga bulan. Hasilnya, 223 orang yang mengurangi asupan garam dari 10,7 gram menjadi 8,0 gram/hari, frekuensi buang air kecil pada malam hari juga menurun dari 2,3 kali per malam jadi 1,4 kali.

Sementara bagi mereka yang asupan garamnya 11 gram per hari, frekuensi buang air kecil di malam hari meningkat. Dari semula 2,3 kali menjadi 2,7 kali per malam.

Bahkan, dalam sebuah studi 2017 yang dikutip dari www.menshealth.com.sg, menemukan fakta bahwa mereka yang memotong asupan garam, selain tidak lagi sering terbangun di malam hari, juga mengalami peningkatan kualitas hidup secara keseluruhan. Sebab, ketika tidur mereka nyenyak, itu akan membantu mereka merasa lebih segar.

Jadi, bagi Sahabat PiBi yang punya masalah sering ke toilet di waktu sedang nyenak-nyenyaknya tidur, kalian bisa mencoba saran untuk mengurangi konsumsi garam ini. Siapa tahu ampuh.

By Hadi Santoso

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close