Kamu masih ingat kan, beberapa waktu lalu netizen sempat dihebohkan dengan pemberitaan mengenai gempa bumi yang menggoncang Tasikmalaya? Kali ini, warganet kembali diramaikan dengan informasi serupa, yaitu gempa yang terjadi di kawasan Tarakan, Kalimantan Utara.

Yap, pada Kamis (21/12/2017) dini hari tepatnya pukul 02.22 terjadi gempa tektonik yang mengguncang wilayah Kota Tarakan, Kalimantan Utara. Gempa tersebut sangat mengejutkan loh, PiBi. Sebab, selama ini banyak pihak yang beranggapan kawasan Tarakan merupakan jalur strategis yang aman dari ancaman gempa. Tapi memang cuaca lagi ekstrim banget, tidak bisa diprediksi apa yang akan terjadi.

Menurut informasi yang berhasil dihimpun, gempa semalam berkekuatan 4,1 skala Richter pada koordinat 3.31 LU dan 117.74 BT, tepatnya berada di laut yang jaraknya 14 km arah timur laut kota Tarakan dengan kedalaman 110km. Dari hasil peta tingkat guncangan (shake map) BMKG, menunjukkan bahwa dampak dari guncangan tersebut cukup terasa dalam skala intensitas II SG – BMKG (III MMI).

Gempa berlangsung sekitar 5 detik dan menghebohkan warga setempat sampai berlarian ke luar rumah. Mereka takut kalau gempa tersebut akan berpotensi tsunami. Jika ditinjau dari episenter dan kedalamannya, gempa bumi ini merupakan gempa dangkal yang diakibatkan sesar aktif. Jadi, hasil analisis mekanisme menunjukkan patahan mendatar (strike-slip fault) dengan arah dextral.

Kendati demikian, kamu harus tetap tenang, PiBi? Jangan termakan isu-isu yang tidak jelas sumbernya. Tetap tenang dan harus meningkatkan kewaspadaan jika gempa susulan terjadi.

Apa Tanggapanmu?
  • Fascinated
  • Happy
  • Bored
  • Angry
  • Sad
  • Afraid

Apa Komentarmu ?

komentar