I Like ItTraveling

Lagi! Taman Nasional Indonesia Menjadi Cagar Biosfer Dunia!

Tau tidak sih PiBi? Tahun ini Indonesia masuk dalam cagar biosfer dunia loh! Dan tidak tanggung-tanggung  ada tiga taman nasional Indonesia yang dapat meraih penghargaan ini. Bangga tidak sih kalau Indonesia punya prestasi cemerlang seperti ini PiBi?

1_11.jpg

Dalam sidang ke-30 Internasional Coordinating Council of the Man and Biosphere Programme (ICC-MAB) di Palembang, Sumatera Selatan menghasilkan tiga cagar biosfer baru dunia yang ketiganya ada di Indonesia.

Hasil dari sidang ini, tiga taman nasional Indonesia yang masuk dalam cagar biosfer dunia antara lain Taman Nasional Berbak-Sembilang di Jambi-Sumatra Selatan, Betung Kerihun Danau Sentarum-Kapuas Hulu di Kalimantan Barat, dan Rinjani-Lombok di Nusa Tenggara Barat resmi masuk dalam daftar biosfer dunia atau Biopshere Reserves UNESCO.

2_11.jpg

Sidang ini PiBi, dilakukan selama satu minggu mulai dari 23 Juli hingga 28 Juli yang dihadiri sebanyak 401 delegasi dari 50 negara, termasuk 34 negara anggota Komite MAB UNESCO.

Dalam siding tersebut delegasi dari Indonesia diwakili oleh Hotmangaradja Pandjaitan selaku Duta Besar RI untuk Perancis yang merangkap sebagai Delegasi Tetap RI untuk UNESCO.  Dan didampingi oleh pejabat Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, LIPI, Kemnetrian Luar Negeri, dan KWRI Unesco, Markas besar berada di Paris Prancis.

Dalam pembukaan sidang ini PiBi, Dubes RI Perancis menyampaikan mengenai posisi dan komitmen Indonesia mengenai konservasi biosfer loh, dimana Negara kita ini Indonesia sudah mengintegrasikan Rencana Aksi Man and Biosphere (MAB) di dalam program nasional. Hebat banget kan ? dan Indonesia juga akan terus mengembangkan cagar biosfer beru lagi di Indonesia.

3_7.jpg

Dengan penambahan tiga taman ini PiBi, berarti Indonesia sekarang ini sudah memiliki 14 cagar biosfer dunia loh. Membanggakan sekali ya ? sebelas cagar yang sudah masuk terlebih dahulu meliputi  Cibodas Gunung Gede Pangrango (Jawa Barat), terdaftar tahun 1977, Kepulauan Komodo (Nusa Tenggara Timur/NTT).

Kemudian, Lore Lindu (Sulawesi Tengah), Tanjung Puting (Kalimantan Tengah), Gunung Leuser (Aceh dan Sumatera Utara), Pulau Siberut (Sumatera Barat), Giam Siak Kecil dan Bukit Batu (Riau), Wakatobi (Sulawesi Tenggara), Bromo Tengger Semeru-Arjuno (Jawa Timur), Taka Bonerate dan Kepulauan Selayar (Sulawesi Selatan), dan Belambangan (Jawa Timur)

 

 

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close