I Like ItScienceTau Gak Sih?

Laki-Laki Lebih Jago Matematika ketimbang Perempuan? Baca Fakta Terbaru ini

Palingbaru – Apa kabar sahabat Pibi? Siapa nih di antara kamu yang jago matematika? Sebagian kamu mungkin masih ada anggapan bahawa laki-laki lebih bisa mahir matematika daripada perempuan.

Nanti dulu, itu mungkin cuma anggapan umum aja. Misalnya seperti anggapan Cvencek seperti yang dikutip dari Psychology Today, yang menganggap bahwa matematika sebagai pelajara untuk laki-laki saja.

sumber : youtube.com

Menurut Jane Hutchison, anggapan ini perlu dihindari karena dapat memicu pada penghindaran matematika sebagai pelajaran yang harus dipelajari oleh laki-laki maupun perempuan.

Lebih jauh lagi, nanti anak-anak perempuan akan anti dengan jurusan-jurusan kuliah yang kental dengan matematikanya. Seperti jurusan yang ada di fakultas teknik dan sains.

Jane menyatakan bahwa stereotip perempuan cenderung lemah dalam belajar matematika itu tidak didukung dengan bukti yang jelas. Misalnya, hanya dengan menunjukkan anggapan guru yang menganggap laki-laki lebih baik dalam matematikanya ketimbang perempuan.

Kabar baiknya, ada penelitian terbaru yang dapat membantah stereotip kemampuan seseorang berdasarkan gender tersebut.

Penelitian dini dipublikasikan pada 2018 yang melibatkan siswa SD sebanyak 1.391, dengan rentang usia 6-13. Anak-anak tersebut ditugaskan untuk mempelajari materi yang sama, yakni tentang numerik dasar, yang mencakup perbandingan angka dan juga kuantitas.

Selain penelitan yang dilakukan Hutchison dkk., penelitian lain juga ikut membantah anggapan umum di atas.

Penelitian lain itu seperti yang dilakukan oleh Kersey dkk pada tahun yang sama. Dari studi tersebut tidak ada bukti bahwa gender bisa berpengaruh pada kemampuan seseorang dalam pelajaran matematika.

by Abdul Hamid

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close