HealthHealthHow To

Lakukan 8 Kebiasaan Ini Agar Rambutmu Sehat

Palingbaru– Rambut kusut, ketombean, kusam, rontok, masih menjadi problem yang umum dialami kebanyakan perempuan. Tidak terkecuali bagi yang menggunakan hijab.

Padahal bisa loh segala keluhan itu diminimalisir bahkan dihilangkan. Tapi memang harus telaten dan konsisten ya.

Gimana caranya? Yukk simak kebiasaan baik untuk rambut berikut ini

  1. Rutin Keramas

Ya.. urusan mencuci rambut memang sangat penting untuk membersihkan kotoran yang menempel. Keramas setidaknya 2 hari sekali dan bilas sampai bersih. Hindari menggosok rambut dengan keras untuk mencegah kerontokan. Gosok dengan perlahan hingga ke kulit kepala.

Gunakan shampo yang cocok dengan karakter rambut dan kulit kepala. Setelah keramas, keringkan rambut secara alami.

  1. Vitamin Rambut

 

Menggunakan vitamin rambut secara rutin salah satu kebiasaan yang dapat menyehatkan rambut kamu. Vitamin biasanya digunakan setelah keramas, saat rambut masih basah.

  1. Masker Rambut

Masker rambut bisa digunakan 1-2 kali dalam 1 bulan. Memang dibutuhkan waktu khusus untuk memakai masker rambut,sekitar 30 menitan. Mau masker rambut alami yang dibuat sendiri atau masker instant yang penting cocok untuk kebutuhan rambutmu.

  1. Tidak sering mengikat rambut

Dengan tidak sering mengikat rambut dengan kencang, rambut akan lebih sehat loh. Bila saat santai atau malam hari sebaiknya biarkan rambut terurai.

  1. Tidak mewarnai rambut

Mewarnai rambut dengan cat warna akan mengurangi kesehatan rambutmu. Bila terpaksa menggunakan cat rambut, pilih yang berbahan alami, contohnya henna. Penggunaan bahan alami akan membuat rambutmu lebih mudah jug perawatannya.

  1. Menyisir rambut

Menyisir rambut selain membuat rambut sehat, juga membuat rambut rapi. Menyosir rambut biaa dilakukan setidaknya 2-3 kali dalam sehari. Untuk sesudah keramas gunakan sisir bergigi jarang dan tunggu setelah rambut sedikit kering. Sisirlah rambut dengan lembut agar tidak mudah patah. Pakai sisir yang berbeda untuk sesudah keramas dan untuk merapikan.

  1. Makanan bergizi

Ya.. makanan yang kita konsumsi berpengaruh loh pada kesehatan rambutmu. Biasakan makan sayur dan buah yang cukup agar gizi untuk rambut tercukupi dengan baik.

  1. Pola Hidup Sehat dan Tidak Stress

Nah dengan menerapkan pola hidup sehat dan menjaga agar tidak stress, rambutmu juga akan terpelihara kesehatannya. Stress dapat menurunkan daya tahan tubuh dan memicu kerontokan rambut.

Itulah kebiasaan baik yang akan menyehatkan rambutmu. Yuk terapkan.. biar rambutmu sehat..

By Diana Suryaman

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close