Uncategorized

Lapis Legit: Kue Nasional Terlezat Yang Fenomenal, Salah Satu Simbol Kekayaan Kuliner Nusantara

Siapa yang nggak doyan dengan makanan manis yang satu ini? Mau tahu kenapa lapis legit begitu enak? Sebelum kita cari tahu, kita pelajari dulu asal-usul teciptanya salah satu kue paling lezat di dunia ini. Pada artikel edisi kuliner kali ini, tim Palingbaru.com akan mengulas secara lengkap tentang kue yang sudah ada sebelum Indonesia merdeka ini.

Lapis legit memang lekat dengan berbagai budaya di Indonesia. Mulai dari acara keagamaan, acara adat hingga acara pernikahan, hampir selalu ada hidangan spesial yang satu ini. “Dulu, lapis legit hanya ada satu macam saja, bumbunya terdiri dari rempah-rempah Indonesia. Bumbu rempah itu resep khusus dari kaum peranakan di Indonesia saja,” ujar Hermina, Guru Besar Linguistik Sinika UI seperti dikutip Kompas. Lapis legit memang bukan makanan biasa bagi masyarakat Indonesia. Resep lapis legit merupakan resep khusus warisan nenek moyang saat rakyat Indonesia dijajah oleh Belanda selama ratusan tahun. Resep tersebut tercipta melalui hasil kombinasi resep bolu dari Belanda dengan rempah-rempah dari Indonesia.

Harlie Lapis Legit (sumber: Anakjajan)

Karena dianggap rahasia dan merupakan resep warisan asli nenek moyang nusantara, hingga saat ini, resep tersebut masih tersimpan rapat sehingga tidak sampai jatuh ketangan Belanda ataupun bangsa lainnya. Mungkin hal itu yang menyebabkan lapis legit begitu “eksklusif”. Selain karena resepnya yang benar-benar dijaga, lapis legit yang asli menggunakan bahan-bahan yang berkualitas, sebut saja roomboter sebagai pengembang, bukan margarine biasa. Jangan lupakan juga rempah-rempah asli Indonesia macam kayu manis dan bahan-bahan lainnya. Bahan-bahan berkualitas tersebut membuat lapis legit memiliki nilai prestisius yang tinggi. Tak heran Lapis Legit yang asli hanya ada di perayaan-perayaan besar di Indonesia.

Nah, kenapa lapis legit bisa begitu enak? Selain enak, lapis legit juga dibanderol dengan harga yang cukup mahal untuk kategori kue tradisional. Bagaimana bisa? Seperti yang sudah dijelaskan tadi, bahwa lapis legit bukan jajanan tradisional biasa. Lapis legit merupakan makanan tradisional yang “berkelas” dengan resep asli nenek moyang yang dijaga kerahasiaan dan originalitasnya. Bahan pembuatannya pun dipilih yang berkualitas dengan proses pembuatan yang rumit dan butuh waktu hingga berjam-jam.

Harlie Lapis Legit (sumber: Anakjajan)

Seperti dilansir Kompas, untuk membuat lapis legit membutuhkan waktu empat setengah hingga enam jam. Dan, selama proses pemanggangan pun kue ini harus ditunggui dan terus dikontrol. Kesmpulan dalam pembuatan lapis legit ini menyimbolkan suatu kerja keras. Semakin banyak jumlah lapisan menentukan seberapa keras usaha si pembuat kue.

Di Indonesia sendiri ada salah satu toko kue lapis legit yang paling terkenal, yaitu Harlie Lapis Legit. Toko kue yang hanya dapat dipesan dengan cara online ini sudah merambah pasar internasional. Dalam proses pembuatannya,  Harlie Lapis Legit menggunakan Wisjman Butter dan bahan-bahan “premium” lainnya. Dalam melayani pelanggan pun, toko kue yang didirikan sejak tahun 2005 ini hanya menjual berdasarkan pesanan, jadi benar-benar fresh from the oven.

 Jika kamu ingin mencoba lapis legit asli ini silahkan pesan di situs resminya di sini

(ST)

Baca Juga:

Hidup Sehat dengan Fit food Jakarta

Menjelajahi Coffee Jawa Timur di Koperasi dan UMKM EXPO 2016!

Mengunjungi Restoran Romantis Bergaya Perancis: Amuz Gourmet

Kue Gudetama Yang Unik, Lucu dan Lezat Hanya Di Yata Gudetama Café

Nini’s Seafood Restaurant Sudah Buka, Gratis Delivery!

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close