ScienceSpaceTechnology

Lembaga Antariksa Eropa Berencana Akan Menambang Regolith di Bulan

Palingbaru – Keberhasilan Neil Armstrong mendaratkan kaki di bulan bukan akhir dari misi manusia untuk mengetahui satelit bumi itu. Bahkan apa yang dicapai Armstrong dan timnya itu menjadi titik awal dalam eksplorasi bulan.

Baru-baru ini telah dikabarkan bahwa China berhasil mendaratkan pesawat antariksanya ke permukaan bulan yang jauh. Kali ini giliran Lembaga Antariksa Eropa yang tampil, rencananya lembaga ini bakal menambang regolith di bulan.

Ilustrasi

Regolith adalah bijih yang dimungkinkan bisa untuk menyuling air dan oksigen, sehingga hal ini bakal memungkinkan buat manusia untuk berada di bulan secara mandiri, juga dari sinilah nanti manusia akan mampu menghasilkan bahan bakar yang dibutuhkan untuk misi eksplorasi yang lebih jauh.

Lembaga Antariksa tersebut tidak sendirian, tetapi akan digandeng oleh perusahaan bernama ArianeGroup. Perusahaan itu berharap menjelang tahun 2025 nanti, mereka bisa melakukan misi sains ke bulan, dengan harapan bisa membawa salah satu bagian dari permukaan bulan ke bumi.

Kolaborasi perusahaan dengan Agen Antariksa Eropa ini merupakan wujud dari  kontrak kerjasama satu tahun untuk penjelajahan  sebuah misi ke permukaan bulan.

Rencananya, perusahaan pembuat roket ini akan menggandeng beberapa lembaga yang serupa dengan Agen Antariksa Eropa ini untuk menyukseskan mksi ke bulan ini.

Sumber: NASA

Mereka berharap misi ini bisa berhasil sampai menambang regolith, dengan tujuan bijih itu bisa digunakan untuk misi yang lebih lanjut lagi seperti eksplorasi ke Mars.

David Parker, direktur eksplarasi robot dan manusia Lembaga Antariksa Eropa optimis bahwa penggunaan sumber energi dari ruang angkasa bakal menjadi kunci untuk menunjang eksplorasi bulan yang berkelanjutan.

Dan hal ini menurutnya bakal jadi rencana baru untuk menjadikan Lembaga Antariksa Eropa  sebagai pusat bagian dari eksplorasi ruang angkasa di dunia.

by Abdul Hamid

 

 

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close