FashionNews & Information

Lima Kota Penghasil Batik yang Terkenal di Dunia

Indonesia tidak hanya terkenal dengan wisata pantai, pulau dan advanture tapi juga kreasinya salah satunya adalah batik. Iya batik. Hari ini tepat 9 tahun lalu, Unesco telah menetapkan batik sebagai warisan budaya dunia dari Indonesia pada 2 Oktober 2009. 
Tapi tahukah anda daerah mana saja yang terkenal sebagai penghasil batik terbaik di Indonesia ?
Berikut ini adalah lima kota penghasil batik terbaik di Indonesia. 
1.Solo
Solo adalah produsen batik yang sangat terkenal, salah satu pola batik yang terkenal adalah “Sidoluruh dan Sidomukti”. 
Batik Solo merupakan batik yang terkenal dan paling banyak diminati oleh kalangan dalam negeri maupun luar negeri. Salah satunya karena corak dan kualitasnya yang bagus.
solo_0.jpg
2.Jogja
Yogyakarta atau disebut dengan Jogja, adalah produsen batik dengan motif batik yang sangat khas seperti sekar jagad, pamiluto, udan liris, dan lain sebagainya. Keberadaan batik Jogja sangat kuat hubungannya dengan perjanjian Giyanti pada tahun 1755, atau peritiwa pecah kerajaan Mataram, dan berdirinya Keraton Ngayogyakarta Hardiningrat. 
jogja_0.jpg
3.Pekalongan 
Pekalongan salah satu daerah produksi utama batik dengan desain utara Jawa pesisir. Salah satu ciri paling menonjol dari batik pekalongan adalah pada warna lebih beraneka dan ragam hias yang natural.
pekalongan.jpg
4.Cirebon 
Cirebon yang merupakan salah satu sentra industri batik di Jawa Barat, motif batik Cirebon yang paling terkenal dan menjadi ikon Cirebon adalah motif Megamendung. Motif ini melambangkan awan pembawa hujan sebagai lambang kesuburan dan pemberi kehidupan. Sejarah motif ini berkaitan dengan sejarah kedatangan bangsa Cina di Cirebon, yaitu Sunan Gunung Jati yang menikah dengan wanita Tionghoa.
cirebon.jpg
5.Madura 
Madura sudah lama dikenal sebagai saah satu sentral produksi batik di tanah air. Batik Madura terkenal dengan karakter warna yang berani (merah, kuning, hijau muda). Lebih dari seribu  motif batik Madura yang paling terkemuka dalam negeri maupun manca Negara. 
madura.jpg
Tentu saja, ke lima daerah ini adalah sebagian kecil dari daerah penghasil batik di Indonesia. Masih banyak daerah lain di Nusantara ini yang memiliki seni busana batik dengan berbagai coran dan motif menarik.
Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close