I Like ItTau Gak Sih?

Manfaat Cangkang Telur yang Tidak Banyak Orang Tahu

Palingbaru- Hallo sahabat PiBi

Biasanya, ketika memasak telur ataupun memakannya, cangkang dari telur akan dibuang. Padahal, cangkang telur memiliki sejumlah manfaat penting, lho.

Memang, tekstur cangkang telur cenderung keras. Namun hal tersebut bukan tanpa alasan. Kerasnya cangkang telur disebabkan oleh kalsium karnonat yang membentuk cangkang telur. Kalsium tersebut merupakan salah satu mineral yang dibutuhkan tubuh manusia. Satu cangkang telur, mampu memenuhi kebutuhan kalsium harian orang dewasa, yaitu 1.000 mg per hari.

Bukan hanya itu saja, cangkang telur masih memiliki manfaat lainnya. Yuk kita simak di bawah ini :

Menjaga Kesehatan Tubuh

Apabila kamu tertarik mencoba khasiat dari cangkang telur, kamu bisa mengolahnya sendiri di rumah. Caranya, dengan mencuci bersih cangkang telur dan merebusnya beberapa menit untuk membunuh bakteri dan zat asing yang menempel. Kemudian keringkan cangkang telur, setelah itu tumbuk hinggga halus, dan pastikan semua hancur dan halus. Kemudian campurkan bubuk cangkang telur untuk makanan atapun minuman.

Manfaat dari serbuk cangkang telur ini adalah memenuhi kebutuhan kalsium harian, mengurangi risiko osteoporosis hingga menjaga kesehatan persendian.

Hiasan Rumah

Dari cangkang telur, kamu bisa menghiasi rumahmu dengan memanfaatkanya sebagai wadah yang unik. Seperti menjadikannya sebagai pot hingga wadah lilin. Caranya cukup mudah, bersihkan cangkang telur dan isikan tanaman dengan tanah secukupnya, kemudian taruh di bawah sinar matahari. Sedangkan untuk membuat wadah lilin, cukup isi cangkang telur dengan lilin cair. Kemudian warnai cangkang dengan warna yang kamu suka.

Pembersih Keramik

Selain mampu memenuhi kebutuhan kalsium dalam tubuh manusia, serbuk cangkang telur bisa juga dipakai sebagai bahan untuk membersihkan kamar mandi hingga wastafel. Caranya cukup mudah, cuci cangkang telur dna tumbuk hingga menjadi serbuk. Kemudian, campurkan dengan baking soda dan perasan jeruk nipis. Setelah itu gosokkan kepada bagian yang ingin dibersihkan.

Nah, bagaimana sahabat Pibi,.. Sekarang sudah tahukan manfaat cangkang telur, nah ada baiknya mulai sekrang memanfaatkannya dari pada dibuang begitu saja.

By Nana Riyana

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close