HealthNews & Information

Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan

Meskipun sebelumnya, daun kelor selalu dihubungkan dengan hal mistik, namun ternyata daun kelor memiliki banyak manfaat loh buat tubuh kita. Data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengungkapkan bahwa daun kelor memilki banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Daun kelor mampu menjadi obat tradisional yang mampu mengobati beragam penyakit, diantaranya adalah :

Menurunkan Gula Darah

Memalui penelitian yang dilakukan di Mumbai, India, mendapatkan hasil bahwa daun kelor olahan memilki khasiat mampu menurunkan kadar glukosa secara signifikan. Hal ini disebabkan karena daun kelor mengandung glibenclamide  yang berfungsi untuk meningkatkan sekresi insulin oleh sel beta pankreas . Olahan daun kelor bisa berupa the maupun sayur.

Kandungan Antioksidan

Daun Kelor memilili kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan adalah senyawa yang dapat melawan radikal bebas dalam tubuh. Karena, apabila terlalu banyak radikal bebas dalam tubuh kita, maka akan menyebabkan stress sehingga meicu munculnya penyakit kronis seperti diabetes. Daun kelor bisa kamu manfaatkan sebagai teh. Selain itu, ekstraknya dapat dimanfaatkan sebagai bahan pengawet alami.

Turunkan Kolestrol

Apabila tingkat kolestrol dalam tubuhmu tinggi,maka kamu harus berhati-hati, karena dapat meningkatkan risiko penyalkit jantung loh. Selain memperbanyak mengkonsumsi biji rami, oat dan almod,  daun kelor juga secara efektif dapat mengurangi kolestrol.

Sehatkan Pencernaan

Apabila kamu memiliki masalah pencernaan, kamu bisa memanfaatkan daun kelor sebagai obatnya. Daun kelor juga bermanfaat menjaga kesehatan pencernaan. Jika mengkonsumsi daun kelor secara rutin, maka pencernaan mu akan kembali sehat.

Menjaga Fungsi Otak

Daun kelor memiliki manfaat besar sebagai neurotransmitter serta senyawa tiroid untuk menjaga kestabilan psikis. Artinya, ketika kamu mengkonsumsi daun kelor secara rutin, maka akan meminimalisir kemungkinan seseorang mengalami depresi atau hal yang terkait dengan kondisi mood dan psikis.

By Nana Riyana

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close