I Like ItTau Gak Sih?

Manfaat Merica yang Tak Banyak Orang Tahu, Baca Ini

PalingBaru- Hampir semua masakan Nusantara tak luput dari salah satu bumbu dapur satu ini. Yap, Merica.

Tapi taukah kamu, bumbu dapur yang dikenal dengan Raja Rempah-rempah ini memiliki segudang manfaat yang tidak banyak diketahui orang, salah satunya mampu mendukung kesehatan otak manusia.

Ini karena kandungan senyawa dalam merica yang dikenal pipirine bermanfaat untuk mencegah berkembangnya kanker.

Selain itu, peneliti dari University of Michigan Cancer Center mengatakan bahwa olahan merica dengan kunyit dapat mencegah kanker payudara. Hebat banget kan?

Selain itu, masih banyak lagi loh manfaat merica, cek dibawah ini yuk:

  1. Menurunkan Risiko Penyakit Alzheimer

Penyakit Alzheimer merupakan penyakit yang menurunkan daya ingat. Menurut Journal of Alzheimer Disease yang diterbitkan tahun 2012 lalu menemukan bahwa konsumsi merica, terutama merica hitam yang diolah dalam masakan dapat menurunkan risiko terkena penyakit Alzheimer tersebut.

  1. Scrub Kulit

Selain untuk menfaat kesehatan, merica juga bisa dimanfatakan untuk perawatan kulit lho. Merica mampu merangsang sirkulasi oksigen dan nutrisi ke permukaan kulit kamu. Caranya pun cukup mudah, campur bubuk Merica dalam ramuan scrub yang kamu miliki.

  1. Mengembalikan Warna Pakaian

Merica juga mampu mengembalikan warna pakaian. Hal ini dikemukakan oleh Karyn Siegel-Maier, penulis The Naturally Clean Home. Caranya pun cukup mudah, yakni taburkan satu sendok teh merica dengan deterjen, kemudian cuci pakaian seperti biasanya.

  1. Mengurangi Risiko Kejang

Seperti yang telah dijelaskan di atas, Merica memiliki kandungan piperine yang mampu mengontrol aliran kalsium yang membuat sel-sel saraf melepaskan neurotransmitter. Sehingga mampu mengurangi risiko terjadinya kejang. Hal ini diungkapkan lewat Penelitian dalam Biological and Pharmaceutical Bulletin pada tahun 2010 lalu.

By Nana Riyana

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close