Uncategorized

Masih Bingung Mana Yang Lebih Unggul Antara Honda Freed dan Toyota MPV Paling Baru Yaitu Toyota Sienta ? Ini Perbandingan Lengkapnya!

Kalau kamu penasaran dengan perbedaan dari Toyota sienta dengan Honda Freed, maka kamu saat ini sedang berada di tempat yang tepat, simak sampai akhir yah.

Mobil seperti Toyota Sienta adalah mobil yang bertipe Multi Purpose Vehicle (MPV). Saat ini MPV memang tidak pernah luput dari perhatian para penggemarnya. Mungkin kamu juga menyukai mobil ini karena mempunyai daya angkut yang luar biasa, mempunyai ruang yang luas dan mungkin juga harganya relative murah untuk sekelas mobil ini. Nah sekarang Toyota nampaknya member perhatian yang berbeda pada segmen mobil tipe MPV ini. Sebelumnya memang Toyota sudah memproduksi Grand New Avanza untuk kelas Low MPC, lalu setelah itu memproduksi All New Kijang Innova di kelas Medium MPV, ada juga Toyota Nav1 di segmen High Roof MPV, dan yang terakhir adalah di kelas Premium yaitu Toyota Alphard MPV.

Setelah itu semua, nampaknya Toyota memang belum begitu puas dan sekarang baru saja Toyota resmi Meluncurkan Toyota Sienta untuk segmen diantara Grand New Avanza dan All New Kijang Innova. Mobil ini di luncurkan Toyota secara resmi di Event Tahunan yang bergengsi yaitu  Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 .

Baca Juga: Toyota Tak Ingkar Janji, Toyota Sienta Resmi Diluncurkan Di Indonesia Dan Ini Adalah Harga Resminya

Di kelas ini Toyota Sienta akan berhadapan langsung dengan mobil yang sudah ada sebelumnya di pasaran yaitu Honda Freed. Honda Freed ini adalah satu-satunya yang mempunyai moncong pendek, sehingga pada desain Honda Freed terlihat sangat ekslusif dengan tampilan yang tidak biasa dimiliki Honda yaitu dengan Moncong yang panjang.

Jika sudah seperti ini hal apa yang dilakukan Sienta agar memiliki keunggulan dibanding Freed ? Sienta bermain pada warna dan desain yang sangat menarik juga. Tidak hanya Honda Freed yang mempunyai Desain berbeda dengan kebanyakan mobil yang di ciptakan Honda, Sienta pun begitu. Misalnya saja pada warna yang diterapkan pada mobil MPV paling baru Toyota ini dengan warna-warna yang cerah dan memiliki efek yang sangat kontras dengan perpaduan materialnya.

Beralih ke dalam sisi yang menentukan kenyamanan yaitu pada sisi dalam atau interiornya. Kedua mobil ini memang memiliki ciri khas yang unik dalam menata interior mobilnya. Untuk Honda Freed, Pada sisi interior ini kamu tidak akan menemukan partisi di tengah-tengah bangku baris pertama, jadi kamu bisa sangat leluasa melewati celah antar bangku. Di bagian dashboard menggunakan konsep orientasi open cafe, yaitu jadi panel dashboard ini di buat seakan seperti meja-meja yang bertingkat.

Baca Juga: Mobil Paling Baru Honda Brio RS 2016 Siap Diluncurkan Pada Event IIMS ? Sudah Tidak Sabar Ya ?

Lalu apa yang dilakukan Toyota dalam mengemas dalaman dari Sienta ini ? Toyota memang menerapkan hal yang berbeda dalam interior Sienta ini. Di dalam bangku pertama, Sienta tidak menghadirkan celah untuk antara bangku. Sienta ini memang dirancang tidak untuk mobilitas di dalam kabin seperti yang dilakukan oleh Freed. Sedangkan untuk wilayah Dashboard Sienta, panel yang digunakan yaitu berundak-undak sehingga tampil begitu elegant. Transmisi di dashboard Sienta berada di konsol tengah, bukan di dashboard layaknya Honda Freed.

Untuk urusan fitur memang Sienta nampaknya lebih unggul di bandingkan Freed, karena Sienta mempunyai Headunit layar sentuh dengan lebar 7 inci. Tak hanya hiburan saja yang bisa dihadirkan di dalamnya namun adanya fitur baru yang bisa disajikan disana, dan mungkin sangat berguna untukmu yaitu akses internet dan koneksi Mirroring dengan Smartphone. Sedangkan yang ada di dalam mobil Honda Freed adalah Headunit 2DIN yang berguna untuk memutarkan lagu dan berbagai Video.

Beralih ke bagian pintu nya di kedua mobil ini. Keduanya memiliki keunggulan pintu geser. Pintu geser keduanya pun sudah mempunyai piranti penggerser elektrik. Khusus untuk Sienta yang bertipe Q, sudah memiliki keunggulan untuk cara membuka pintunya yaitu kamu hanya dengan menggunakan remote maka pintu geser ini sudah terbuka. Untuk bagian penerangan Sienta nampaknya juga lebih unggul, karena pada tipe paling tinggi dari Sienta ini sudah menggunakan system LED projector untuk lampu dekat dan jauh. Menariknya tipe ini juga sudah dilengkapi dengan fitur Auto Leveling. Adanya LED Clearance lamp juga menambah eksotis desain lampu ini.

Baca Juga: Ini Dia Spesifikasi Dari Mobil Paling Baru Toyota Yang Sebentar Lagi Akan Masuk Indonesia, Yaitu Toyota Sienta !

Yang paling penting adalah untuk bagian keamanannya. Honda Freed maupun Toyota Sienta sudah dilengkapi dengan Dual SRS Airbag, fitur ini tentu sangat membantu mengamankanmu ketika terjadi hal-hal yang tidak di inginkan seperti saat kecelakan. Lalu pada bagian pengereman, ABS dan EBD dalam kedua mobil ini sudah ada. Keunggulan Toyota Sienta pada bagian keamanan ini adalah dengan adanya fitur pemandu keselamatan berkendara. Fitur apa ini ? ini adalah fitur Vehicle Stability Control yang tidak ada di dalam Honda Freed. Dan ada satu lagi fitur yang ada dalam Sienta Tipe Q yaitu Hill Start Assist.

Jika membandingkan pada bagian kepraktisannya, Seperti yang di lansir dari Carbay,  Toyota Sienta nampaknya lebih ungul karena pada bangku dari Sienta sendiri memiliki tingkat fleksibilitas yang lebih tinggi yaitu dengan pelipatan pada bangku baris keduanya. Dalam Sienta sangat mudah dalam menyajikan celah yang sangat lebar untuk penumpang yang akan masuk pada bangku ketiga. Yang paling menarik dari pelipatan bangku untuk Sienta ini adalah pada bagian baris ketiganya dapat dilipat dan dimasukan di bagian bawah bangku kedua, sehingga sangat longgar untuk menaruh barang di belakang. Sedangkan yang terjadi dalam Honda freed adalah pelipatannya kebagian samping, jadi masih sedikit mengganggu ketika kita menaruh barang di bagian belakang.

Baca Juga: Mobil Murah Paling Baru Dari Datsun, Datsun Crossover Redi-GO Sudah Diluncurkan Di India, Mungkin Sebentar lagi Di Indonesia

Bagian yang paling penting adalah pada bagian performa, Honda Freed maupun Toyota Sienta sama-sama menghadirkan mesin yang sudah dipakai pada seri – seri mobil sebelumnya, contohnya Freed memakai mesin  berkapasitas 1,5 liter,yang memang sudah di pakai oleh Honda Jazz, Mobilio, HR-V dan BR-V. Walaupun sama tapi yang membedakan adalah pada Kompresi dan Output yang dihasilkan. Untuk freed dapat menghasilkan tenaga hingga 118 PS dengan 5 transmisi otomatik konvensional, dan Freed di Indonesia tidak ada transmisi manualnya. Sedangkan pada Toyota Sienta, di Indonesia memiliki dua transmisi yaitu manual dan otomatik CVT, manualnya memiliki 6 transmisi sedangkan untuk otomatik CVT-nya memiliki efisiensi yang lebih baik dari otomatik konvensional yang berbasis Planetary Gear. Dan khusus pada Sienta tipe Q hanya memiliki transmisi Otomatik CVT saja. Mesin kedua tipe transmisi Sienta ini dapat menghasilkan tenaga 107 PS dengan mesin 2NR-FE. Mesin ini juga sudah dipakai Grand New Avanza namun yang membedakan adalah pada konfigurasi system penggeraknya yang disalurkan lewat roda depan.

Untuk pada bagian varian yang dihadirkan kedua mobil ini, Honda Freed menghadikan dua tipe varian dengan satu jenis transmisi, sedangkan untuk Sienta menghadirkan empat varian dengan dua jenis transmisi. Nah untuk urusan harga perbandingan keduanya dari versi yang termurah, Honda Freed di bandrol dengan harga Rp. 271 juta hingga tipe yang paling tinggi yaitu tipe E dibanderol dengan harga Rp. 293 juta. Sedangkan Toyota Sienta  dari versi termurahnya di bandrol dengan harga Rp. 230 juta sedangkan untuk tipe paling tingginya yaitu tipe Q dibanderol dengan harga Rp. 290-295 juta.

Nah sudah melihat perbandingan dari keduanya kan, mobil mana nih yang sangat seleramu ?. (FM)

 

 

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close