Uncategorized

Mau Mudik Menggunakan Kendaraan Pribadi? Baca Dulu Tipsnya!

Lebaran sebentar lagi tiba. Pasti kalian telah mempersiapkan persiapan mudik dari jauh-jauh hari, mulai dari tiket untuk ke kampung halaman, uang THR yang akan dibagikan ke keluarga, mencari penginapan hingga membuat daftar tempat wisata yang wajib dikunjungi. Nah, terkadang yang mudik menggunakan kendaraan pribadi tidak terlalu meribetkan persiapan. Padahal jika kamu memutuskan mudik dengan memakai kendaraan pribadi, maka kamu perlu persiapan ekstra. Karena tidak hanya tubuh, kendaraan yang kamu gunakan juga perlu persiapan agar mudik terasa aman dan nyaman. Berikut ini tips mudik menggunakan kendaraan pribadi:

1. Servis Kendaraan Sebelum Mudik

(sumber: pixabay)

Serahkan kendaraan pribadi yang akan kamu pakai ketika mudik pada bengkel langganan mu. Minta petugas bengkel untuk mengecek kendaraan kamu dengan baik, agar siap untuk menempuh perjalanan mudik. Pastikan benar-benar kendaraan mu telah siap dan aman untuk dipakai.

2. Perjalanan Mudik = Travelling

(sumber: allianztravelinsurance)

Siapkan daftar kota yang akan kamu lewati selama perjalanan mudik. Kamu bisa membuat daftar kuliner khas masing-masing kota. Tentu perjalanan mudik kamu akan menjadi lebih menyenangkan. Misalnya kamu akan mudik ke Surabaya dan melewati daerah Jogja, maka kamu bisa berwisata kuliner terlebih dahulu di Jogja.

3. Pilih Rute Perjalanan yang Mudah dan Aman

(sumber: dailymail)

Saat mudik banyak tawaran rute agar lebih cepat sampai tujuan dari warga-warga sekitar. Tidak perlu terburu-buru, pastikan kamu memilih rute perjalanan yang mudah dan aman. Walau sedikit jauh rute yang dipilih, setidaknya rute yang kamu pilih mudah, aman dan nyaman. Karena terkadang rute perjalanan yang ditawarkan oleh warga sekitar cenderung sepi dan berbahaya. Selain itu jika kamu diantarkan oleh para warga, mereka biasanya meminta bayaran yang mahal.

4. Manfaatkan GPS dan Bawa Peta Manual

(sumber: culture360)

Saat ini, GPS berfungsi untuk menemani saat kamu tersesat dan tidak tahu arah. Selain menyiapkan GPS kamu juga perlu peta manual, karena terkadang GPS tidak cukup membantu dan menyesatkan. Pastikan baterai smartphone kamu selalu terisi dan bawa charger tambahan atau power bank untuk jaga-jaga jika baterai handphone kamu habis. Gunakan travel charger yang bisa kamu pakai di mobil juga merupakan ide bagus.

5. Persiapkan P3K

(sumber: aliexpress)

Siapkan kotak P3K yang berisi obat-obatan standar seperti obat sakit kepala, sakit perut, obat alergi, diare, plester, minyak kayu putih dan obat-obatan khusus milik masing-masing anggota keluarga. Untuk jaga-jaga ketika dibutuhkan, karena kamu tidak akan tahu apa yang akan terjadi selama perjalanan.

6. Camilan

(sumber: happinessishomemade)

Walaupun mudik dilakukan ketika masih berpuasa, kamu harus tetap menyiapkan camilan. Perjalanan mudik rentan macet, jadi menghindari bingung mencari tempat berhenti untuk makan atau sekedar membeli camilan maka, menyiapkan langsung dari rumah akan lebih membantumu. Camilan yang bisa kamu bawa adalah biskuit, coklat, roti, chiki dan aneka minuman. Perjalanan mudik terasa lebih menyenangkan karena ada camilan, walaupun terkena macet kamu tidak akan dilanda kebosanan selama ada banyak camilan yang mendampingi.

7. Bawa Uang Tunai Secukupnya

(sumber: merajutcerita)

Bawa uang tunai secukupnya jangan berlebihan. Pastikan uang tunai yang kamu bawa cukup untuk membeli makan, bensin dan hotel. Selain membawa uang tunai, kamu juga harus menyiapkan ATM dan kartu kredit. Untuk jaga-jaga jika kamu kehabisan uang tunai.

(TR)

Baca Juga:

Masih Muda Waktunya Travelling! Jangan Sampai Menyesal!

Surga Baru Untuk Para Traveller. Pulau Bawean Adalah Gadis yang Sedang Cantik-Cantiknya

Tiga Cara Aman Terbaru Traveling bagi Para Penderita Alergi

5 Tips Liburan Tetap Segar & Semangat Meskipun Berpuasa!

5 Persiapan Penting Untuk Liburan Yang Gak Boleh Ketinggalan!

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close