News & InformationScience

Mau Tahu Kayu Tahan Air dan Api ? Ini Dia Penampakannya

Palingbaru – Sahabat Pibi, pastinya kamu tahu, kayu adalah barang yang sangat berguna untuk kehidupan manusia. Yub tentu saja, barang ini digunakan di berbagai infrastruktur, seperti di rumah, transportasi, dan lain-lain.

Namun, tetap saja kayu memiliki kelemahan, sangat rentan pada air dan api. Kayu akan membusuk bila kena air, akan jadi abu jika terkena api.

Dari kelemahannya itu, kini para ilmuwan dari University of Science And Technology dari Hefei Cina telah temukan jalan keluarnya. Yaitu dengan membuat kayu sintetis.

Wujud kayu sintetik. Sumber (www.scientificamerican.com)

Seperti yang dikutip dari scientificamerican.com, kayu ini didesain khusus tahan dari api dan air. Rahasianya ada pada getah polimer atau polimer gula yang berasal dari cangkang udang dan kepiting.

Cara kerjanya, getah itu dibekukan kemudian menghasilkan suatu struktur yang diisi dengan pori-pori kecil dan saluran yang dibantu oleh chitosan.

Getah itu lalu dipanaskan pada temperatur 200 derajat celcius untuk mengawetkannya, dan menempa ikatan kimiawi yang kuat.

ilustrasi

Seorang peneliti dari universitas Science and Technology, Shu-Hong Yu mengatakan, kayu sintetis ini tahan banting. Lebih cepat proses pembekuannya, bahkan lebih kecil saluran dan pori-porinya, yang membuat bahannya menjadi lebih kuat.

Daya tahan terhadap air juga sudah diuji, dengan merendam kayu tersebut kedalam air serta mengguyurnya dengan air asam selama 30 hari dan kayu ini tetap kuat.

Istimewanya, proses pembuatan bahan-bahan kayu ini lebih cepat ketimbang kayu alami, barena bahan baku kayu sintetik tidak butuh waktu bertahun-tahun, seperti menunggu pertumbuhan kayu alami.

By Abdul Hamid

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close