HealthNews & Information

Mengenal OCD, Orang Perfeksionis dengan Kecenderungan Gangguan Kecemasan

Palingbaru – Apa PiBi pernah tahu orang perfeksionis yang terobsesi dengan kerapian dan kebersihan? Karakteristik tersebut ternyata masuk dalam salah satu gangguan jiwa, lho. OCD atau Obsessive Compulsive Disorder merupakan keadaan yang masuk dalam kelainan psikologi.

Menurut American Psychiatric Association, OCD adalah gangguan kecemasan dimana seseorang memiliki gagasan pikiran, atau sensasi berulang yang tidak diinginkan (obsesi), yang membuat mereka merasa terdorong untuk melakukan sesuatu secara berulang-ulang kali (kompulsif).

Perilaku berulang-ulang kali contohnya adalah; mencuci tangan berkali-kali, menggeser suatu benda dalam waktu beberapa kali untuk memastikan barang tersebut simetri, hingga berulang kali memeriksa kunci rumah berkali-kali sebelum meninggalkan rumah.

ocd (2)

Tindakan tersebut didasari oleh kecemasan yang berlebihan. Hal ini pastinya dapat mengganggu aktivitas sehari-hari penderitanya dan interaksi sosialnya dengan orang sekitar.

Seseorang dengan OCD membersihkan rumah dan melakukan semua hal secara teratur bukan karena senang dan menyukai kegiatan tersebut, namun ada dorongan kecemasan yang membuat mereka harus melakukan hal tersebut.

ocd

Mereka juga sering mengkhayal kejadian yang sangat random dan sebetulnya tidak akan mereka lakukan. Misalnya ketika sedang berada di lantai tertinggi di sebuah gedung, mereka akan membayangkan diri mereka terjun dan jatuh dari ketinggian. Terkadang mereka juga bisa berpikir untuk menyakiti orang meski pada akhirnya juga tidak akan mereka lakukan. Hal ini adanya sifat pikiran yang spontan dan kompulsif.

OCD bisa muncul dari trauma yang ditimbulkan oleh lingkungan sekitar. Misalnya tekanan dari orang tua saat penderita masih kecil dan harus selalu sempurna untuk tidak dimarahi dan kejadian lain yang mempengaruhi kejiwaan penderita.

by. Bernadetta Yucki

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close