News & InformationPiala AFFSport

Mengenal Timnas Singapura, Lawan Pertama Indonesia di Piala AFF 2018

PalingBaru- Turnamen sepak bola paling bergengsi di Asia Tenggara, AFF Suzuki Cup 2018, resmi dimulai Kamis (8/11/2018) tadi malam. Ada 10 negara, termasuk Indonesia, yang akan berkompetisi menjadi “raja sepak bola” Asia Tenggara 2018.

Berbeda dengan sebelumnya, Piala AFF tahun ini digelar dengan format ‘unik’. Di pertandingan penyisihan yang terbagi dalam dua grup dan tiap grup terdiri dari lima tim, setiap tim akan memainkan dua laga away dan dua laga home (kandang).

Nah, Timnas Indonesia yang berada di Grup B bersama Singapura, Thailand,  Filipina Dan Timor Leste, baru akan memulai pertandingan pada Jumat (9/11/2018) malam nanti.

Singapura akan menjadi lawan pertama Indonesia di Piala AFF 2018. Evan Dimas Darmono dkk akan menghadapi Singapura pada pertandingan pertama Grup B AFF Suzuki Cup 2018 di Stadion Nasional Singapura, Jumat (9/11/2018) malam nanti.

Bagaimana kekuatan Singapura ?

Singapura merupakan negara tersukses kedua di Piala AFF setelah Thailand. Mereka sudah memenangi empat gelar dalam 11 kali partisipasi sejak turnamen ini pertama kali digelar pada 1996 silam.

Namun, setelah meraih gelar juara di edisi 2012, penampilan Timnas Singapura mulai menurun. Mereka bahkan berturut-turut tersingkir di fase grup di Pial AFF 2014 dan 2016. Bahkan, di Piala AFF tahun 2018 ini, Singapura tidak diunggulkan untuk lolos dari fase grup.

Toh, pemain-pemain Singapura tidak terlalu peduli dengan predikat underdog itu. Kiper senior Singapura, Izwan Mahbud yang akan tampil di Piala AFF keempatnya menyebut timnya telah melakukan persiapan dengan baik. Termasuk melakukan camp training di Osaka, Jepang selama seminggu.

“Setelah pengalaman buruk di dua edisi sebelumnya, target pertama kami kali ini adalah lolos dari fase grup lalu lolos ke smeifinal. dari situ baru kami bicara gelar,” ujar Izwan seperti dikutip dari situs resmi AFF Suzuki cup.

Timnas Singapura kini dilatih legenda sepak bola mereka, Fandi Ahmad. Pelatih berusia 56 tahun ini juga cukup populer di Surabaya karena pernah memperkuat Niac Mitra di era 80 an.

By Hadi Santoso

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close