MemoarMy Story

Mengenang Bapak Mode Dunia, Karl Lagerfeld

Palingbaru – Jika PiBi mengaku sebagai fashionista sejati, pastinya sudah tidak asing lagi dengan sosok Karl Lagerfeld. Ia terkenal sebagai creative director dari dua rumah mode terkenal, Chanel dan Fendi.

Dilansir dari Popsugar, Karl Lagerfeld telah meninggal dunia pada usia 85 tahun Selasa kemarin (19/2). Karl memang telah mengidap penyakit kanker dan terakhir kali tampil pada acara peragaan busana pada bulan Januari lalu pada acara Chanel Haute Couture di Paris.

Karl Lagerfeld lahir di Jerman pada 10 September 1933. Karirnya dalam dunia fashion mulai menanjak pada tahun 1950-an. Karl Lagerfeld termasuk dalam salah satu jajaran legendaris dunia fashion pada abad ke 20 hingga ke 21 yang masih eksis hingga awal tahun ini.

Ingin mengetahui lebih lagi tentang sosok fashion ikonik satu ini, berikut beberapa fakta menarik dari Karl Lagerfeld.

  1. Mulai memasuki dunia fashion sejak usia 17 tahun.

karl-lagerfeld-young

Karl Lagerfeld merupakan anak kelahiran Jerman namun ia akhirnya memutuskan untuk hijrah ke paris pada usia 14 tahun untuk belajar sejarah dan seni menggembar.

Ia kemudian bekerja sebagai asisten desainer terkenal pada era tersebut, Pierre Balmain pada usianya yang ke 17. Awal dari menanjaknya karir sang maestro adalah ketika ia direkrut menjadi art director dari rumah mode Jean Patou.

  1. Penyelamat Chanel yang sempat meredup.

karl-lagerfeld-chanel

PiBi mungkin tidak pernah menyangkah, rumah mode sebesar Chanel juga pernah mengalami masa susah setelah meninggalnya Coco Chanel pada tahun 1971. Pada tahun 1983, co-owner Chanel, Alain Wertheimer mengajak Karl untuk bergabung dengan rumah tersebut dan melakukan pembaruan untuk menghidupkan Chanel kembali di dunia fashion.

Karl pun menjadi tangan dingin dari peluncuran Fall ’91 hip-hop collection Chanel. Dalam kesempatan tersebut, Karl menghidupkan kembali trend rok tweed yang ikonik, gaun hitam mini, dan handbag berlapis.

  1. Memiliki kucing kesayangan bernama Choupette.

karl-lagerfeld-choupette

Suatu hari, Karl Lagerfeld diminatai tolong oleh model muse-nya yang bernama Baptise Giabiconi untuk menjaga kucingnya, Choupette selama liburan natalan. Namun akhirnya Karl tidak ingin mengembalikan Choupette dan sang muse pun memberikannya sebagai hadiah.

Saking sayangnya, Karl bahkan membuatkan koleksi fashion khusus untuk Choupette yang akhirnya juga terkenal di industri fashion dan sempat berkolaborasi dengan merek produk kecantikan terkenal, Shu Uemura.

  1. Desainer fashion yang serba bisa.

karl-lagerfeld (2)

Tak hanya mahir dalam menciptakan koleksi busana, Karl juga memiliki berbagai keahlian lainnya. Sebagaian besar iklan dan kampanye dari rumah fashion yang menjadi tanggung jawabnya ia urus sendiri. Mulai dari pembuatan konsep, fotografer, art director, dan stylist.

Disamping karir di dunia fashion, Karl Lagerfeld telah merilis lebih dari 25 buku dan serta bermain dalam berbagai film. Mulai dari  film Perancis the Valet, Lolo, dan sebuah film dokumenter berjudul The First Monday in May.

 

by. Bernadetta Yucki

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close