MemoarMy Story

Mengenang Stephan Hillenburg, Animator Pencipta Spongebob Squarepants

PalingBaru– Kabar duka datang dari serial animasi dunia. Stephen Hillenburg, pencipta serial Spongebob Squarepants meninggal dunia pada usia 57 tahun, Selasa (27/11) kemarin.

Dilansir dari USA Today, Stephen wafat disebabkan oleh penyakit amyotrophic lateral sclerosis atau ALS. Penyakit ini mempengaruhi sel-sel saraf di otak dan sumsum tulang belakang atau dikenal juga dengan nama penyakit Lou Gehrig.

Karir Stephen mulai beranjak naik ketika serial Spongebob Squarepants yang ditayangkan Nickelodeon pada tahun 1999 lalu. Serial yang menceritakan sponge bewarna kuning di bawah laut itu telah ditayangkan dalam 60 bahasa. Inilah fakta mengenai Stephen Hillenburg yang wajib kamu tahu.

  1. Ahli Biota Laut

Ternyata Stephen membuat karakter spongebob berasama kawan-kawannya di bawah laut tersebut bukan tanpa alasan.

Stepehen merupakan lulusan dari Humboldt State University dan mendapatkan gelar dalam interpretasi dan perencanaan sumber daya laut pada tahun 1984. Ia juga disebut sebagai ahli biota laut.

Ia juga sempat menjadi pengajar di Ocean Institute dan membuat komik The Intertidal Zone yang menceritakan tentang hewan kolam. Dan pada tahun 1987, Stephen mulai menekuni dan mengejar impiannya sebagai animator.

  1. Puncak Karir

Tentu saja puncak karir Stephan Hillenburg semakin gemilang ketika menciptakan kartun Spongebob Squarepants.

Dengan wawasan tentang dunia laut yang ia miliki, membuat konsep film spons kuning ini semakin unik. Sejak ditayangkan tahun 1999, SpongeBob SquarePants secara perlahan-lahan menjadi film kartun favorit anak dan bahkan hingga orang dewasa di seluruh dunia.

  1. Pernah Menjadi Juru Masak
Stephen Hillenburg,sumber foto, IMDb

Karakter Spongebob terkenal sebagai koki di Krusty Krab yang handal membuat krabby patty. Ternyata ada alasan dibalik Spongebob yang pandai memasak.

Ternyata, Stephen Hillenburg merupakan mantan juru masak di rumah makan siap saji. Jadi tak heran, apabila karakter Spongebob diceritakan pandai memasak.

  1. Stephen Hillenburg juga Mahir Menjadi Pengisi Suara
Stephen Hillenburg menjadi pengisi suara. sumber foto, celebsnetworth.org

Selain dikenal sebagai animator, Stephen juga memiliki bakat lain selain menggambar. Ia ternyata dikenal sebagai aktor pengisi suara.

Salah satunya, ia pernah mengisi suara di film The SpongeBob SquarePants Movie pada tahun 2015 lalu pada karakter Parrot si burung beo yang berbentuk boneka.

Selain itu, Stephen juga beberapa kali mendapatkan penghargaan yakni, ia meraih satu Emmy Award dan enam Annie Awards untuk Spongebob Squarepants.

Selamat tinggal Stephen. Karya-karyamu akan selalu hidup dan dikenang sepanjang masa.

By Nana Riyana

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close