HealthScience

Menurut Penelitian, Ini Dia Dampak Ketika Seseorang Berhenti Main Facebook

Palingbaru – PiBi pasti memiliki Facebook, bukan? Facebook merupakan salah satu sosial media populer yang digunakan oleh orang pada umumnya untuk membagikan berbagai informasi atau hanya sebagai tempat menunjukan eksistensi diri. PiBi juga dapat memantau kehidupan dari teman-teman PiBi melalui Facebook.

Bagi PiBi yang memiliki kebiasaan scrolling timeline atau update post setiap hari di Facebook, kira-kira PiBi bisa tidak hidup selama beberapa hari tanpa bisa membuka Facebook sama sekali?

Sebuah universitas di Australia, Australian Catholic University di Queensland membuat sebuah penelitian untuk mengamati tingkah laku manusia yang dipengaruhi dengan aktifitas Facebooknya.

Dampak Seseorang Berhenti Main Facebook (2)

Dilansir dari Science Alert, tim peneliti di universitas tersebut mengumpulkan 138 partisipan pengguna Facebook aktif untuk menjadi subjek percobaan. Dalam penelitian ini, subjek penelitian harus “berlibur” dari Facebook selama 5 hari. Mereka sama sekali tidak diperbolehkan mengakses Facebook apalagi membuat postingan.

Setelah 5 hari, para peneliti mendapati bahwa, setelah orang tidak mengakses Facebook, kadar stress pada tubuh mereka menurun. Hal ini didapatkan dari hasil uji air liur subjek penelitian. Dari hasil uji lab, didapatkan informasi bahwa, subjek mengalami pengurangan hormone kortisol, yaitu hormone yang dihasilkan manusia ketika sedang stress.

Dampak Seseorang Berhenti Main Facebook (3)

Namun, menurut pernyataan dari para subjek, mereka merasa terasingkan dan tidak memiliki teman ketika tidak mengakses Facebook. Mereka merasa “buta” dan tidak tahu kabar terbaru dari teman-temannya.

Sesuatu yang berlebihan memang tidak baik, namun ada kalanya juga manusia membutuhkan suatu hal dengan porsi yang tepat.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya PiBi juga mencoba “liburan” dari Facebook ketika sedang merasa stress dan lelah dengan sosialisasi. Ketika kamu sudah merasa lebih baik, baru deh, kamu kembali eksis di Facebook.

 

by. Bernadetta Yucki

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close