Uncategorized

Meski Saling Bersaing, 10 Karakter Marvel dan DC Ini Ternyata Mirip!

Persaingan antara Marvel dan DC sudah terjadi selama bertahun-tahun. Semua berawal ketika Martin Goodman, penerbit Magazine Management Company, baru bertemu dengan Jack Liebowitz, penerbit DC Comics, di tahun 1961.

Liebowitz bercerita bahwa DC Comics akan membuat “Justice League” – sekumpulan superhero penumpas kejahatan. Goodman lalu menemui kepala divisi komiknya, Stanley Martin Lieber (dikenal sebagai Stan Lee), agar membuat komik serupa. Stan Lee tidak mau meniru DC. Dia kemudian membuat Fantastic Four.

Nah, bagi para penggemar DC atau Marvel (atau keduanya) pasti tahu perbedaan komik maupun film produksi Marvel dan DC. Karakter-karakter superhero Marvel lebih ringan dan lucu, begitu jalan ceritanya. Sedangkan DC memilih menciptakan karakter yang lebih gelap dan serius dalam memberantas kejahatan.

Tapi, rupanya ada 10 karakter dari DC dan Marvel yang mirip, lho! Kamu tidak percaya? Ini dia hasil analisa Tim palingbaru.com:

10. Red Tornado (DC/1968) dan Vision (Marvel/1968)

(sumber: DC dan Marvel)

Vision sudah muncul dua kali di Marvel Cinematic Universe. Makhluk android ini memilki kemampuan menembus dinding, menembakan laser dari batu yang ada di kepalanya, serta mampu mengontrol suatu benda dengan kemampuan telekinesis.

Sedangkan Red Tornado adalah makhluk android yang sama dengan Vision namun memiliki kemampuan yang berbeda. Seperti namanya, Red Tornado mampu membuat tornado yang dapat menghancurkan benda-benda yang ada di sekitarnya.

 9. Blue Beetle (DC/1939) dan Spiderman (Marvel/1960)

(sumber: DC dan Marvel)

Spiderman adalah karakter superhero yang sudah sering kita dengar. Tetapi kalian pasti tidak mengetahui ada karakter yang serupa di DC, yaitu, Blue beetle. Kekuatan yang dimiliki manusia laba-laba yang satu ini sudah populer.

Sementara itu, mungkin hanya sedikit orang yang tahu kekuatan Blue Beetle. Blue Beetle adalah karakter superhero yang memperoleh kekuatannya dari artefak yang berbentuk serangga seperti kumbang. Untuk mempertajam kekuatannya, Blue Beetle membuat kostumnya sendiri dengan segala macam gadget di dalamnya.

8. Darkseid (DC/1970) dan Thanos (Marvel/1973)

(sumber: DC dan Marvel)

Dua vilian ini merupakan karakter yang memiliki kemampuan yang dahsyat. Keduanya cukup Justice league maupun Avengers. Kita mulai dari Thanos yang lebih familiar karena sudah muncul di beberapa film Marvel.

Kekuatan Thanos adalah telekinesis  ̶  kemampuan telepati yang dapat memanipulasi makhluk lain dan menyerap energi kosmos untuk menyerang lawannya. Sumber kekuatannya adalah dari ‘Infinity Gems’ yang ia kumpulkan di sarung tangannya, yaitu, ‘Infinity Gauntlet’.

Darkseid sendiri merupakan penjahat terkuat dari para New Gods di DC Universe. Dia memiliki kekuatan yang bernama ‘Omega Beams’. Ini adalah bentuk energi yang ia keluarkan untuk menghancurkan beragam jenis kehidupan. ‘Omega Beams’ dapat melukai Superman.

7. Brainiac (DC/1958) dan Ultron (Marvel/1968)

(sumber: DC dan Marvel)

Ultron telah muncul sebagai karakter villain yang menjadi musuh utama di “Avengers: Age of Ultron”. Ultron sendiri adalah robot AI yang diciptakan oleh Tony Stark, walaupun di seri komiknya Ultron diciptakan oleh Hank Pym (Antman) yang juga memilki kecerdasan yang sama dengan Tony Stark.

Meski sebenarnya Ultron diciptakan untuk menjaga kestabilan dunia dari segala ancaman, tetapi Ultron malah memberontak karena menurut Ultron, untuk mencapai tujuan itu justru manusia sendiri yang harus dimusnahkan. Kekuatan Ultron yang meng-upgrade dirinya menjadi lebih kuat dan material tubuhnya yang dari vibranium (sama dengan material tameng Captain America) membuat Ultron sangat sulit dikalahkan.

Sekarang kita beranjak ke karakter villain Brainiac yang dimiliki oleh DC. Meski tidak sepopuler Ultron, Brainiac adalah salah satu penjahat terkuat di DC Universe. Robot dari luar angkasa ini memiliki kecerdasan istimewa dan dia memiliki kemampuan dapat menyusutkan sebuah kota dengan alat-alatnya. Selain itu dia memiliki ‘Brainiac Probes’ ̶  mesin humanoid yang dapat terhubung dengan kapalnya dan apabila dia sudah terkoneksi dengan kapal induknya dia dapat mengalahkan musuh-musuhnya, yaitu, superhero DC.

6. Deathstroke (DC/1980) dan Deadpool (Marvel/1991)

(sumber: DC dan Marvel)

Berikutnya giliran Deathstroke dan Deadpool. Deadpool adalah karakter superhero kocak yang mempunyai kemampuan luar biasa. Kemampuan Deadpool hampir sama dengan dengan Wolverine yang dapat meregenerasi bagian tubuhnya.

Deadpool punya kemampuan beladiri dan menggunakan pistol serta. Sedangkan Deathstroke adalah karakter villain dari DC yang memiliki sumber kekuatan sama dengan Deadpool. Deathstroke juga mengalami percobaan pada dirinya agar menjadi lebih kuat. Sama halnya dengan Deadpool, Deathstroke juga mahir menggunakan pistol dan pedang.

5. Green Arrow (DC/1941) dan Hawkeye (Marvel/1964)

(sumber: DC dan Marvel)

Dua karakter ini merupakan pemanah handal. Keduanya juga telah sering muncul, meskipun Green Arrow belum muncul di layar lebar versi DC. Kemiripan mereka adalah kemampuan memanah dan juga memiliki panah-panah khusus untuk menghadapi tiap musuhnya. Namun, keduanya memiliki latar belakang yang berbeda dimana Green Arrow adalah seorang miliarder kaya, sementara Hawkeye hanya seorang agen S.H.I.E.L.D.

4. Atom (DC/1940) dan Antman (Marvel/1962)

(sumber: DC dan Marvel)

Antman termasuk karakter yang populer, terutama setelah ikut andil dalam film “Captain America : Civil War” dan juga memiliki film sendiri berjudul Antman. Untuk Karakter Atom mungkin tidak setenar Antman karena belum diangkat ke layar lebar, melainkan hanya bermain di serial TV saja.

Kemampuan utama dari kedua karakter ini meski bisa mengecil, tetapi memiliki kemampuan yang setara manusia normal. Perbedaannya adalah Antman dapat memperbesar tubuhnya berkali-kali lipat dan juga mampu berkomunikasi dengan serangga.

3. Aquaman (DC/1964) dan Namor (Marvel/1939)

(sumber: DC dan Marvel)

Berikutnya ada dua karakter yang sama-sama hidup di dasar laut: Aquaman dan Namor. Kedua karakter mempunyai kekuatan yang berhubungan dengan laut. Aquaman telah muncul sebagai cameo di film “Batman vs Superman : Justice League”.
Kekuatan Aquaman adalah mampu berkomunikasi dengan makhluk bawah laut dan juga dapat berenang dengan sangat cepat. Selain itu, berkat kemampuannya menahan tekanan bawah laut membuatnya menjadi kebal peluru. Namor juga memiliki kemampuan yang sama dengan Aquaman. Bedanya, Namor tidak hanya mampu berkomunikasi dengan makhluk laut, tetapi juga mampu mengendalikan makhluk laut tersebut.

2. The Flash (DC/1940) dan Quicksilver (Marvel/1964)

(sumber: DC dan Marvel)

Karakter yang terlihat jelas kemiripannya adalah The Flash dan Quicksilver dimana kedua karakter dapat berlari dengan kecepatan tinggi. Perbedaannya ada pada latar belakang mereka. Quicksilver adalah seorang mutan, sedangkan The Flash adalah manusia biasa yang mendapatkan kemampuannya dari kecelakaan saat terjadi percobaan dan akselerator partikelnya meledak. Ini memberikan kemampuan lebih kepada The Flash. Selain kecepatan lari dari The Flash yang lebih unggul, dia juga mampu menembus ruang dan waktu.

1. Commander Steel (DC/1978) dan Captain America (Marvel/1941)

(sumber: DC dan Marvel)

Karakter DC dan Marvel selanjutnya yang punya kemiripan adalah Captain America dan Commander Steel. Hanya sedikit yang tahu karakter Commander Steel karena belum pernah muncul di film ataupun serial TV. Untuk kemampuan dan latar belakang dari karakter DC dan Marvel ini hampir mirip sekali, yaitu, berjuang pada saat Perang Dunia II dan juga mendapatkan kekuatan dari hasil eksperimen.

Perbedaannya adalah dari bentuk eksperimen yang dilakukan pada keduanya. Captain America mendapatkan kekuatan setelah disuntikan serum yang mampu meningkatkan kemampuannya. Commander Steel menjadi cybernatic dimana sebagian tubuhnya berubah menjadi baja yang kuat.

Bagaimana menurut kamu? Apakah kesepuluh karakter Marvel dan DC di atas memang punya kemiripan?

(RK/RF/ST/FM)

Baca Juga: 

Kita Datang, Kita Nonton, Kita Ulas Captain America: Civil War

Captain America: Civil War Tayang Perdana Hari Ini! Kenalan Dulu Yuk Sama Salah Satu Pemeran Jagoannya!

Kostum baru Spiderman di film Captain America: Civil War! Spiderman Terlihat Lebih Fresh

New Realese : MOVIE “Justice League Part 1” Di Amerika pada November Tahun 2017 !!

Keren! “Watercolor Camo” Jadi Tema Koleksi Terbaru DC Kali Ini!

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close