News & InformationSport
Trending

Miftahul Jannah Gagal Bertanding Judo karena Jilbab

Bagi seorang muslimah jilbab bukan sekedar pakaian tapi adalah prinsip yang harus dijalankan. Itulah prinsip yang dipegang teguh oleh Miftahul Jannah seorang atlet Judo Asean Para Games 2018 di Indonesia. Ia terpaksa harus mengalami diskualifikasi karena tidak bersedia melepaskan Jilbab saat mau bertanding.

Atlet tunanetra asal Aceh itu, mengaku sengaja tidak melepaskan jilbab karena ingin menerobos aturan. Miftahul sebelumnya sudah mengetahui aturan tersebut namun keberatan melepaskan jilbab karena prinsip yang harus ia pegang.

3_hp_copy_5.jpg

“Miftah ingin menerobos itu. Miftah menantang karena ingin mempertahankan prinsip untuk diri sendiri dan atlet muslim lain juga harus mempertahankan hijabnya,” ungkap Miftah dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (9/10).

Sebenarnya, larangan menggunakan Jilbab saat bertanding adalah aturan judo international demi keselamatan atlet itu sendiri. Pakaian jilbab dinilai dapat membahayakan karena jilbab dapat dimanfaatkan lawan untuk mencekik dan ini bisa sangat fatal.

Menanggapi fenomena ini, pemerintah Indonesia melalui mentri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi akan meminta Federasi Judo International untuk mengubah regulasi tersebut. Kejadian ini diharapkan dapat menjadi momentum perubahan agar peristiwa serupa tidak terulang lagi.

3_hp_copy_6.jpg

Aturan larangan penggunaan jilbab dalam pertandingan judo mulai diberlakukan sejak tahun 2012 lalu. Kasus yang menimpa Miftahul Jannah sebenarnya bukan yang pertama, kasus serupa juga pernah terjadi pada pertandingan judo di Olimpiade 2012. Pejudo putri asal Arab Saudi Wojdan Ali Seraj Abdulrahim Shaherkani sempat dilarang tampil, tapi  kemudian diperbolehkan bertanding setelah mendesain ulang penutup kepala hingga dinilai aman untuk pertandingan judo. 

By. Ayu Waluyo

 

 

 

Tags

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
1 Comment authors
PB Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest
Notify of
Close