I Like ItTau Gak Sih?

Minum Air Hujan Aman Nggak Sih ? Ini Jawabannya

PalingBaru- Hai sahabat Pibi, lagi musim hujan-hujan gini ada baiknya untuk tetap menjaga stamina agar tidak mudah sakit ya. Karena cuaca yang berubah-ubah tak jarang bisa menyebabkan beberapa orang jatuh sakit.

Ngomongin masalah hujan, pernah enggak sih kalian berfikir apakah mengkonsumsi air hujan aman bagi tubuh ?

Dan jawabannya adalah Aman.

Mengapa demikian ? Karena air hujan memiliki sifat asam denga pH rata-rata sekitar 5,6 yang menandakan bahwa air hujan tidak berbahaya bagi tubuh.

Kepala unit penyakit menular di Departemen Epidemiologi Monash University, Karin Leder mengatakan bahwa orang yang minum air hujan secara langsung tidak menunjukkan adanya peningkatan resiko penyakit apabila dibandingkan dengan mereka yang meminum air hujan yang telah difilter.

Walapun dikatakan aman untuk dikonsumsi, namun ada beberapa air hujan yang tidak boleh dikonsumsi karena tidak sepenuhnya bersih karena mengandung debu dan bakteri berbahaya.

Diantaranya  adalah Air hujan yang jatuh di daerah pabrik. Karena air hujan tersebut dikawatirkan telah terkontaminasi oleh zat-zat radioaktif dan berbahaya.

Selanjutnya, adalah air yang tergenang. Kamu sering kan memperhatikan dijalan ada air tergenang dibeberapa tempat yang cengkung. Air tersebut tidak sehat untuk dikonsumsi karena mengandung kotoran yang berada di sekitar area air tergenang.

Nah, kalaupun kamu tidak memiliki sumber air lagi dan mengharuskan untuk mengkonsumsi air hujan, ada baiknya untuk menampung air hujan pada wadah yang bersih.

Selanjutnya diamkan air selama beberapa jam agar partikel berat dalam air hujan bisa turun. Selanjutnya kamu bisa merebus air hujan agar membunuh bakteri yang terkandung di dalamnya, sehingga aman untuk dikonsumsi.

By Nana Riyana

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close