Ajang balap motor kelas dunia MotoGP pada tahun 2019 akan sedikit berbeda nih PiBi. Pasalnya Dorna, organisasi resmi penyelenggara balapan MotoGP berencana menambah kelas baru dalam kejuaraan kelas dunia ini. Seiring dengan semakin maraknya produsen motor yang menciptakan motor listrik ramah lingkungan, Dorna berinisiatif untuk menggelar balapan MotoE.

Kelas MotoE ini merupakan balapan yang khusus diikuti oleh motor balap yang menggunakan tenaga listrik. Motor listrik yang digunakan pada ajang balap dunia ini dirancang khusus oleh Energica. Bahkan beberapa waktu lalu, tepatnya Selasa (6 Februari 2018) Dorna secara resmi meluncurkan FIM Enel MotoE World Cup di Roma, Italia.

Nah, pada pelaksanaannya nanti MotoE 2019 akan dihelat sebanyak lima seri di lima sirkuit berbeda di Eropa. Kabarnya, pada Februari 2019 uji coba pertama MotoE ini akan diadakan di Sirkuit Jerez, Spanyol. Selain itu balap motor seri MotoE ini hanya akan berlangsung dalam 10 lap pada setiap balapannya. Tidak berbeda dengan MotoGP, sesi latihan akan dilaksanakan pada setiap hari Jumat, babak kualifikasi dilaksanakan pada hari Sabtu sedangkan untuk sesi balapan dilaksanakan pada hari Minggu.

Pada kelas terbaru ini nantinya akan diikuti oleh 18 pebalap berpengalaman yang siap berkompetisi. Tujuh dari tim independen MotoGP (Tech3, LCR, Marc VDS, Pramac, Avintia, Angel Nieto, dan Gresini) dengan dua motor pada masing-masing tim. Sisanya, sebanyak empat motor akan disediakan untuk tim dari Moto2 dan Moto3 yang ingin berpartisipasi pada kelas terbaru MotoGP ini.

Tenaga yang dihasilkan oleh mesin motor untuk MotoE ini ternyata cukup besar PiBi. MotoE menghasilkan tenaga 147hp serta memiliki kecepatan maksimal 250 km/jam. Selain itu Motor tersebut dalam tiga detik juga mampu mencapai kecepatan 100 km/jam. Sementara baterai yang digunakan juga bisa diisi ulang dari 0-85% dalam durasi tidak lebih dari 30 menit.

Berbeda dengan MotoGP yang menghasilkan suara raungan mesin motor, pada MotoE ini suara mesin yang dihasilkan cukup lirih dan lebih tenang. Perbedaan inilah yang membuat Dorna menjajikan pengalaman yang unik dan lain dari biasanya untuk para penonton. Penasaran bagaimana kira-kira MotoE ini berlaga pada arena balap, kita nantikan tahun depan ya PiBi.

Apa Tanggapanmu?
  • Fascinated
  • Happy
  • Bored
  • Angry
  • Sad
  • Afraid

Apa Komentarmu ?

komentar