I Like ItTau Gak Sih?

Murid Boleh Tidur di Kelas? Berikut Fakta Menarik Seputar Sekolah di Jepang

Palingbaru – Setiap sekolah di berbagai negara pastinya memiliki peraturan dan kebiasaan yang berbeda. Bagi PiBi yang suka menonton anime, pastinya sudah tidak asing dengan berbagai adegan dan latar cerita di lingkungan sekolah Jepang. Negara Jepang merupakan salah satu negara yang terkenal dengan sistem pendidikan dan peraturan ketat untuk para muridnya.

Hal ini dilakukan untuk mengasa tingkat kedisplinan dan prestasi akademik dengan jam belajar yang bisa dibilang cukup banyak. Ingin apa saja sih, yang harus dihadapi oleh para pelajar Jepang di sekolah? Berikut beberapa fakta menarik yang telah dilansir dan dirangkum dari Japan Info spesial untuk para PiBi.

  1. Guru tidak akan pernah menghukum murid untuk keluar kelas.

sekolah di jepang 1

Apa PiBi pernah dihukum keluar kelas untuk mengerjakan PR yang belum selesai? Hal ini tidak akan pernah dilakukan oleh guru-guru di Jepang. Hal ini karena peraturan tersebut tercatat resmi pada Konstitusi Jepang artikel nomor 26 yang menyatakan bahwa semua masyarakat jepang memiliki hak yang sama untuk menerima pendidikan. Dengan mengirim murid keluar kelas, hal ini dianggap sebagai tindakan yang tidak adil.

Guru di Jepang harus mampu menghadapi murid yang nakal di kelas dengan menegur atau memberikan hukuman tambahan di luar jam kelas. Intinya, rajin maupun nakal, setiap murid harus menerima pelajaran sesuai dengan haknya.

  1. Murid dan guru memiliki tanggung jawab piket kebersihan.

sekolah di jepang 2

Sama seperti dengan beberapa sekolah di Indonesia, Jepang juga menganut sistem piket kelas. Bahkan setiap sekolah di Jepang harus menerapkan sistem ini. Piket merupakan bentuk pengajaran untuk bertanggung jawab. Hal ini tidak hanya berlaku untuk para murid, namun juga untuk para guru hingga petinggi di sekolahan.

Merekrut tukang bersih-bersih sekolah merupakan hal yang asing bagi sekolah-sekolah di Jepang.

  1. Murid memiliki dedikasi yang tinggi pada klub sekolah.

sekolah di jepang 3

Di Jepang, murid memiliki tanggung jawab dan peran penuh dalam menjalankan sebuah klub. Mulai dari klub olahraga maupun seni, masing-masing klub memiliki ketua dan manajernya sendiri dari pihak murid. Sementara guru hanya berperan sebagai penanggung jawab.

Bergabung dengan klub di SMP dan SMA, para murid Jepang akan memiliki pengalaman manajemen dan kerja tim yang tidak setengah-setengah.

  1. Tidur di kelas tidak melanggar aturan.

sekolah di jepang 4

PiBi pasti pernah merasakan perjuangan melawan kantuk saat jam-jam siang di sekolah. Jepang memahami fenomena mengantuk pada jam kelas siang merupakan hal yang wajar dan seorang guru biasanya akan membiarkan murid yang mengantuk untuk tidur di kelas pada jam-jam tertentu.

Beberapa sekolahan seperti TK dan Sekolah Dasar bahkan memiliki waktu khusus untuk semua murid tidur di mejanya masing-masing sebagai energi tambahan.

Bagaimana PiBi, apa kamu tertarik untuk sekolah di Jepang?

 

by. Bernadetta Yucki

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close