HealthHow To

Musim Hujan Telah Tiba, Gunakan 4 Tips ini Supaya Kesehatanmu Tetap Terjaga

Kamu tahu kan kalau Indonesia merupakan Negara tropis yang memiliki dua musim, yaitu musim kemarau dan musim penghujan. Hal tersebut dikarenakan Negara kita berada pada jalur Khatulistiwa yang dihimpit oleh dua benua yang menghembuskan angin berbeda, yaitu Asia dan Australia. Maka dari itu, fisik orang Indonesia sering baper karena ketidakjelasan musim tersebut.

musim_hujan_0.jpg

Terlebih saat pancaroba tiba, banyak orang yang terserang penyakit, mulai dari demam, sariawan, diare, sampai TBC (Tersiksa Batin Cinta). Nah untuk itu kamu perlu tahu bagaimana mengantisipasi diri agar tidak mudah terserang penyakit saat pergantian musim tiba. Nah, saat ini kita memasuki musim penghujan yang ditandai dengan tingginya intensitas hujan yang berlangsung dalam kurun waktu tertentu. Kamu harus extra waspada ya, PiBi? Sebab musim penghujan sering menyebabkan banyak orang mengidap penyakit seperti flu, batuk, selesma, ISPA, dan yang pasti meriang (merindukan kasih sayang).

Tapi kamu nggak perlu khawatir lagi, PiBi. Kali ini Palingbaru.com akan memberikan beberapa tips serta informasi yang bisa mencegahmu terjangkit penyakit ketika musim penghujan tiba. Simak ya!

minum_air_putih.jpg

Pertama, kamu harus awasi betul pola konsumsimu. Kamu harus tahu apa yang perlu dikonsumsi serta apa yang perlu dikurangi saat musim hujan tiba. Perbanyaklah minum air mineral dan konsumsi makanan yang bisa menstabilkan metabolisme serta imun tubuh, seperti bawang putih, jahe, ginseng, dan rempah lainnya.

Kedua, kamu kudu rajin konsumsi supplement. Sebab di musim ini, tubuhmu sedang beradaptasi secara ekstrim dengan musim sebelumnya. Jadi, selagi tubuhmu menyesuaikan diri dengan keadaan yang baru, beri dukungan dengan mengkonsumsi vitamin serta supplement secukupnya. Misalnya vitamin C yang sangat bagus untuk menangkal zat-zat radikal yang bersembunyi di dalam tubuh. Jadi banyak-banyak konsumsi supplement ya, PiBi, jangan cuma konsumsi janji manis dari dia yang ujungnya membuat luka!

minum_vitamin.jpg

Ketiga, jaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar. Yap, cara ini juga cukup ampuh untuk menghadang penyakit saat musim hujan tiba. Seperti yang kamu ketahui, kalau penyakit berbahaya sekelas demam berdarah pun sering menyerang ketika musim hujan dikarenakan genangan air yang tidak dibersihkan. Nah, makanya kamu harus selalu jaga kebersihan diri dan lingkungan. Usahakan tanganmu selalu higienis dari bakteri-bakteri yang berkeliaran pada musim hujan. Dan jangan lupa juga bersihkan lingkungan sekitarmu dari sampah maupun genangan air yang bisa mengundang nyamuk berbahaya.

mencuci-tangan.jpg

Terakhir, kelola stress dengan baik. Pada musim hujan itu biasanya banyak orang stress loh, PiBi. Stress tersebut dikarenakan banyak hal, diantaranya karena cucian yang nggak kering-kering, tidak bisa berangkat sekolah atau kerja karena rintik yang deras, dan selalu keinget mantan di setiap tetesan air yang jatooohh ke tepian jendela. Stress parah kan? Nah, maka dari itu kamu harus bisa mengelola stress dengan baik. Buat diri kamu selalu happy dengan caramu sendiri, misalnya masak mie instan tambah telur dan irisan cabe. Simple kan? Jadi jangan stress lagi ya!

Itu dia beberapa tips super yang akan membuat kamu terhindar dari penyakit di saat musim hujan tiba. Semoga bermanfaat ya, PiBi!

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close