News & InformationScience

NASA Kembali Akan Luncurkan Robot Penjelajah Mars

Palingbaru – Hai sahabat Pibi, sudah sejauh mana kamu mantengin kabar tentang ekspedisi Mars ? Kalau sudah lama ngikutin isu ini, kamu pasti tahu bahwa NASA sudah mengutus robot penjelajah sejak 2011.

Nah, penjelajahan itu kabarnya akan dilanjutkan oleh robot penjelajah berikutnya. Robot ini bertugas mencari informasi tentang tanda-tanda kehidupan masa lalu mars.

Tanda-tanda tersebut akan dijelajahi robot penjelajah di daerah yang disebut ‘Jezero Crater’. Karena tempat tersebut terdapat tanda bekas delta (tanah endapan yang berbetuk segitiga di muara sungai) dan danau.

Penentuan tempat penjelejahan ini hasil dari perdebatan yang alot di antara para peneliti. Hingga akhirnya Jezero Craterlah yang dipilih.

Baca Juga : NASA Teliti Adanya Kemungkinan Bertani di Planet Mars

Karena tempat tersebut menurut geolog dari Universitas Texas, Tim Goudge bahwa Crater merupakan tempat terbaik untuk mengungkap masa lalu Planet Merah tersebut.

Sebagaimana dikabarkan Science Alert, robot ini dilengkapi dengan teknologi pengeboran. Sehingga sampel material itu bisa ia kumpulkan dan ia simpan.

Selain itu, dengan bekal teknologi terbaru yang disebut Terrain Relative Navigation (TRN) akan memungkinkan robot itu untuk mendarat dengan aman.

Teknologi pengaman pendaratan ini penting mengingat angka kesuksesan ekspedisi Mars hanya 40 persen.

Peluncuran robot penjelajah ini akan dilakukan pada 17 Juli 2020. Sedang harapan bisa mendarat ke Mars pada Februari 2021. Sebelumnya, NASA mengirimkan robot Curiosity untuk menjelajah Kawah Gale di Mars, dengan tujuan yang sama.

By Abdul Hamid

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close