News & InformationScience

NASA Teliti Adanya Kemungkinan Bertani di Planet Mars

Masih ingatkah kamu dengan film Martian pada tahun 2015 lalu? Film yang menceritakan seorang Astronout yang bertahan hidup di Planet Mars dengan bercocok tanam.

Mungkinkah hal ini akan terjadi ? berbagai upaya dilakukan untuk mendapatkan jawabannya.

Saat ini NASA sedang mengembangkan penelitian untuk menemukan cara yang tepat bercocok tanam di Mars. Tentu saja jangan dibayangkan NASA mengirimkan petani kunjungi planet merah itu.  Tapi menguji coba tanah di Bumi yang memiliki kandungan sama dengan tanah di Mars.

Dilansir dari Science Daily, sekelompok peneliti yang dipimpin Lorenzo Borghi dari Universitas Zurich dan Marcel Egli dari Universitas Lucerne kini sedang berkonsentrasi melakukan penelitian tersebut. Asumsinya, tanah di planet lain tentunya memiliki perbedaan dengan tanah yang ada di Bumi setidaknya lebih rendah nutrisinya dibanding tanah pertanian yang ada di Bumi.

Mereka berkonsentrasi pada proses mikoriza, hubungan simbiosis antara jamur dan akar tanaman. Proses mikorisasi ini dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman dan dengan demikian secara substansial meningkatkan hasilnya, terutama pada tanah yang rendah nutrisi.

Foto, diambil dari salah satu adegan film The Martian

Dengan penelitian ini, diharapkan menemukan jawaban cara bercocok tanam di planet Mars, sehingga suatu saat dapat dihuni oleh manusia.

Saat ini Bumi memiliki total penduduk sekitar 7,6 milyar. Sejumlah ilmuwan mengatakan bahwa bumi hanya memilki daya tampung maksimum 9-10 miliar orang. Diperkirakan akhir abad ini Bumi penuh sesak manusia. Fakta ini menjadi salah satu dorongan mencari ruang huni lain selain bumi.

Sejak Neil Amstrong  menginjakkan kaki di Bulan, berbagai upaya dilakukan untuk mencari potensi kehidupan lain diluar Bumi. Mulai dari membangun Hubble, teleskop luar angkasa untuk memotret luar angkasa dan mencari planet yang serupa dengan Bumi. Mengirimkan curiosity robot penjelajah di planet mars. Kini melakukan upaya agar dapat bercocok tanam di Planet mars.

By Nana Riyana

 

Tags

4
Leave a Reply

avatar
2 Comment threads
2 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
3 Comment authors
Ayu WaluyoRevitheadwiandhikadunggio Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest
Notify of
dwiandhikadunggio
Guest

dari inspirasi menjadi kenyataan…heeem sangat relevan 😀

Ayu Waluyo
Editor

Terimakasih sudah bergabung

Revithea
Guest
Revithea

Huwaaaaa, sugoi ne.. luar biasa sekali!!

Ayu Waluyo
Editor

Thankyou for your response

Close