SpaceTechnology

NASA Temukan 21 Rasi Bintang Baru

PalingBaru– Baru-baru ini NASA menemuka 21 rasi bintang baru. Mereka memberikan nama-nama unik kepada gugusan bintang tersebut.

NASA memilih nama dari karakter dan mitos modern hingga tempat terkenal di dunia. Beberapa diantaranya adalah Thor, Godzilla, Hulk, Eiffel, Golden Gate, gunung Fuji, Koloseum hingga nama ilmuwan Albert Einstein ada dalam daftar rasi bintang.

NASA menemukan ke 21 Rasi bintang itu, dari teleskop Fermi yang diluncurkan sejak tahun 2008. Sejak saat itu teleskop ini, menemukan sekitar 3 ribu sumber sinar gama yang sinar gamma yang berasal dari bintang neutron, pulsar, hingga lubang hitam supermasif.

Dari sinilah, NASA kemudian merangkai dan menemukan rasi bintang hingga terkumpul sebanyak sebanyak 21 rasi bintang. Kemungkinan temuan ini terus bertambah, mengingat cara kerja teleskop Fermi dengan cara memindai seluruh langit setiap hari untuk memetakan dan mengukur sumber sinar gamma yang terdeteksi. Menurut para Ahli, temuan Ini merupakan bentuk perayaan misi Fermi yang sudah berjalan selama 10 tahun.

Gugusan bintang di langit membentuk sebuah rangkaian yang sering disebut sebagai rasi bintang.

Dahulu, anstronom kuno memetakan bintang-bintang paling terang di langit dalam beberapa bentuk seperti hewan, dan pahlawan. Pada zaman sekarang, para ilmuwan NASA menggunakan Fermi Gamma-ray Space Telescope atau teleskop Fermi menyusun rasi bintang yang diperoleh melalui sumber sinar gamma di langit.

Selama ini rasi bintang berjumlah 88 saja, tentu saja dengan temuan baru dari NASA tersebut, jumlah ini mengalami penambahan.

By Nana Riyana

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close