News & InformationScienceSpaceTechnology

NASA Temukan Planet Asing yang Menghalangi Tata Surya Kita

Palingbaru – Tata surya kita selalu ada temuan baru dari hari ke hari. Misalnya baru-baru ini NASA menemukan planet asing yang aneh di sekitar tata surya bumi, sebagaimana dilansir dari The Independent.

Planet itu terlihat dingin dan kecil. Sehingga atas dua hal inilah para ilmuwan menganggap planet itu aneh.

Planet yang dinamai sebagai HD 21749b ini merupakan planet ketiga yang tertangkap oleh teleskop baru NASA bernama TESS, yang bertugas untuk memburu planet.

Planet tersebut berotasi pada bintang miliknya dengan orbit yang terbilang panjang, kira-kira menempuh 36 hari.

Meski perkiraan menyatakan demikian, planet ini justru cukup dingin kondisi di dalamnya, yang suhunya sekitar 300 Fahrenheit.

Planet tersebut bisa menjadi cara yang sangat penting bagi para ilmuwan untuk menemukan tentang planet-planet yang secara relatif berukuran kecil dan sedang.

Seorang ilmuwan dari dari MIT bernama Diana Dragomir mengatakan, HD 21749b adalah planet terkecil yang ia tahu di sekitar tata surya bumi ini.

Ia mengaku ia dan para ilmuwan lain tahu banyak soal planet-planet yang bersuhu panas, tetapi untuk planet ini, ia kesulitan untuk menemukannya. Lantaran ukurannya yang sangat kecil.

Diana mengklaim bahwa suhu planet yang dingin itu disebabkan oleh rotasinya yang jauh dari bintang-bintangnya.

Sebelum penemuan ini, para ilmuwan belum bisa mempelajari banyak soal planet-planet kecil dan yang bersuhu dingin. Namun berkat penemuan ini, mereka bisa mempelajarinya lebih dalam lagi.

Namun, meski disebut berukuran kecil, planet itu masih cukup besar bila dibandingkan dengan bumi. Ukurannya sekitar tiga kali lipat dari ukuran planet kita. Sehingga planet ini digolongkan sebagai planet yang berkategori sub-neptunus.

by Abdul Hamid

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close