How ToWorking

Ngantuk Saat Kerja ? Ini Dia Tips Mengatasi Ngantuk di Tempat Kerja

Palingbaru- Waktu kerja harusnya dimulai penuh semangat, bukan ? Tapi terkadang ada saja rasa lelah melanda, bosan, dan mata mengantuk. Padahal bekerja harusnya lebih fresh, sehingga lebih produktif menjalankan waktu bekerja.

Kalau kamu dilanda ngantuk berat saat kerja. Nah.. kali ini Palingbaru membagi tips untuk mengusir kantuk di tempat kerja. Simak Berikut ini

Beranjak dari Tempat Duduk

Beranjak dari tempat duduk bisa dilakukan saat rasa kantuk datang. Mondar-mandiri sekitar 5-10 menit say “hello” pada teman kerja. Naik turun tangga yang ada di tempat kerja juga bisa jadi pilihan. Aktifitas seperti ini akan mengusir kantuk dengan cepat. Asal jangan kebablasan ya.. ngobrolnya lama sampai lupa dengan kerjaan.

Ngopi Dulu

Ngopi bisa jadi pilihan bila memang di kantor tersedia fasilitas untuk karyawannya. Jadi karyawan gak perlu meninggalkan kantor untuk ngopi. Kadang ada juga yang sengaja membawa bekal minuman hangat dari rumah, untuk penyegar sekaligus pengusir kantuk. Kadar caffein pada kopi afektif untuk mengusir rasa ingin tidur ini.

Ngemil

Hmmm..kedengarannya mungkin tidak sehat ya..Tapi ngemil efektif loh untuk mengusir ngantuk saat di tempat kerja. Pilih camilan yang sehat donk..seperti buah segar atau salad. Buahnya yang agak keras ya yang butuh energi untuk menggerakkan rahang saat dimakan. Gerakan pada rahang itulah yang mampu mengusir rasa kantuk. Jadi camilan sejenis kripik juga efektif.

Gerak Badan

Gerak badan artinya gak perlu bergeser dari tempat duduk. Coba deh gerakan ini : gerakkan leher dan kepala, menoleh ke kanan dan kekiri, mengangguk-angguk dan menengadahkan kepala, dalam hitungan masing-masing 2×8. Lalu gerakkan lengan memutar ke depan dan ke belakang masing-masing 2×8 juga untuk setiap sisi kanan dan kiri. Hentakkan tangan beberapa kali seperti gerakan meninju ke samping,lakukan juga msing-masing kanan dan kiri sebanyak 2 x8 hitungan. Lakukan juga ke arah atas dan kebawah.

Tambah porsinya bila dirasa kurang. Gerakan-gerakan di tempat terutama di bagian tangan,lengan, leher, dan kepala semacam ini sangat efektif mengusir kantuk dengan cepat. Karena otot-otot dan saraf otomatis akan bergerak dan peredaran darah menjadi lancar lagi.

Tapi yang terpenting memang memastikan kondisi badan fit ya saat beraktifitas di tempat kerja. Istirahat yang cukup, makan makanan bergizi, dan tak lupa berolahraga.

Kalo kantukmu terus-terusan menyerang tanpa bisa diatasi, ada baiknya kamu memeriksakan kesehatan ke dokter. Siapa tahu ternyata rasa kantukmu merupakan tanda adanya penyakit.

Oke, itu tadi tips dari Palingbaru,….  semoga bermanfaat dan selamat beraktifitas.

By. Diane Suryaman

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close