Perusahaan teknologi Amerika, NVIDIA baru saja memperkenalkan produk komputer terbarunya nih, PiBi. Produk itu adalah supercomputer bernama NVIDIA DGX-2.

NVIDIA DGX-2 adalah teknologi GPU yang sangat canggih dan kuat. Komputer terbaru ini ditujukan untuk para peneliti dan pengembang teknologi kecerdasan buatan (Artificial Inteligence) untuk mengembangkan teknologi AI yang lebih canggih lagi.

Kamu tahu kan, apa kegunaan AI?

Biasanya nih, PiBi, AI digunakan untuk membuat aplikasi atau layanan yang bisa berpikir sendiri. Misalnya, speech recognition dan aplikasi translation.

Nah, NVIDIA DGX-2 ini memiliki kemampuan untuk bekerja dengan kecepatan 2 petaflops. 1 petaflops sendiri nih, PiBi, sama dengan 1.000 teraflops. Sebagai gambarannya agar lebih mudah, Macbook Pro memiliki kecepatan 1 teraflops. Sudah bisa membayangkan?

Saat ini teknologi AI sudah semakin berkembang pesat dan semakin pintar untuk melakukan banyak hal. Ketika teknologinya sudah berkembang begitu pesat, maka komputer yang membuatnya juga harus terus berkembang dong. Setuju nggak, PiBi?

Apalagi saat ini zaman memang sangat cepat berkembang. Kita sudah tidak bisa lagi berpatokan dengan teknologi yang bahkan jaraknya hanya beberapa bulan dari teknologi terbaru yang ada.

Buktinya aja nih, NVIDIA DGX-2 memiliki kekuatan memproses data 10 kali lebih baik dibandingkan generasi pertamanya yang diperkenalkan pada September 2017.

NVIDIA juga mengumumkan bahwa perusahaan mereka telah meningkatkan kapasitas memori Tesla V100 GPU sebanyak dua kali lipat. Jadi, prosesor komputer ini bisa bekerja dengan memori seperti 100 CPU yang digabungkan.

GPU inilah yang digunakan untuk mendukung riset AI dan teknologi deep machine.

Keunggulan yang paling keren dari NVIDIA DGX-2 adalah kemampuannya untuk menggantikan setidaknya 200 server dual-CPU yang mengonsumsi 180 kilowatt seharga 3 juta USD. Sementara, harga NVIDIA DGX-2 hanya 399 ribu USD dengan ukuran 60 kali lebih kecil dan hanya membutuhkan energi sebanyak 10.000 watt saja.

Selain itu, NVIDIA DGX-2 memiliki kecepatan perpindahan data 300 GB/detik antar GPU! Wow, keren banget, kan.

Supercomputer dari NVIDIA ini diprediksi akan membuat para peneliti dan perusahaan untuk semakin berlomba-lomba mengembangkan teknologi AI. Salah satunya adalah Microsoft yang sudah bersiap untuk menambah tingkat akurasi dari beberapa fiturnya yang menggunakan AI.

Wah, masa depan teknologi yang sangat canggih benar-benar sudah di depan mata kita ya, PiBi.

 

Apa Tanggapanmu?
  • Fascinated
  • Happy
  • Bored
  • Angry
  • Sad
  • Afraid

Apa Komentarmu ?

komentar