I Like ItTraveling

Ombak Bono, Sensasi Surfing di Sungai yang Tak Kalah dengan Pantai

PalingBaru- Sahabat Pibi, kalau biasanya peselancar beraksi di pantai, di Indonesia ada lho tempat yang bisa digunakan untuk berselancar meski bukan pantai. Wah, kok bisa ? Padahal untuk surfing kan butuh ombak yang besar.

Itulah yang terjadi di Sungai Kampar Riau, tepatnya di bagian hilirnya, Teluk Meranti. Ombak di tempat ini bisa mencapai ketinggian 4-5 meter, sangat mirip dengan ombak di pantai selatan atau pantai barat Sumatera yang berbatasan langsung dengan samudera.

Surving di ombak Bono. Sumber foto, gambarpotho.blogspot (yudi)

Fenomena unik ini bisa terjadi karena gelombang pasang yang besar dari Selat Malaka bertemu dengan derasnya arus Sungai Kampar. Ombak dengan kecepatan tinggi bisa masuk ke arah hulu sampai sejauh sekitar 60 km. Warga setempat mbak ini disebut dengan Bono.

Meski demikian ombak Bono tidak setiap saat ada. Hanya pada saat musim hujan (bulan November-Desember), khususnya lagi saat air laut naik di bulan purnama.

Kalau sebelumnya ombak ini membuat takut warga karena suara gemuruhnya yang juga besar, beberapa tahun terakhir ombak Bono malah dimanfaatkan oleh warga sekitar dengan bekudo Bono, semacam mengarungi ombak dengan perahu karet.

Selain itu ombak juga dimanfaatkan untuk  berselancar persis seperti di pantai. Bukan hanya peselancar Indonesia, dari berbagai negara lainnya juga datang saat musim ombak.

Surving di ombak Bono. Sumber foto, gambarpotho.blogspot (yudi)

Bahkan ada festival khusus menyambut ombak ini, seperti Festival Bono Surfing 2018. Festival Bono ini sudah menjadi ikon kabupaten Pelalawan Riau, khususnya daerah Teluk Meranti.

Untuk menuju ke daerah ini kamu bisa menempuh perjalanan darat dari Pekanbaru selama kurang lebih 7 jam. Kamu juga tak perlu khawatir untuk penginapan, karena di daerah Teluk Meranti tersedia banyak penginapan. Tapi memang umumnya penuh selama musim Bono tiba. Jadi kamu persiapkan saja jauh-jauh hari.

By Diane Suryaman

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close