FashionNews & InformationScience

Pakaian Pintar ini Dirancang dengan Konsep Menanam Sel Hidup dalam Desainnya.

 

Dengan hasil penelitian yang panjang, MIT (Massachusetts Institute of Technology) kini berhasil mengembangkan sebuah temuan baru dalam bidang fashion, yaitu baju pintar yaitu Biologic. Konsep dasar dari baju pintar ini adalah menggunakan sel hidup microba dengan teknologi tinggi. Tujuan digunakannya sel microba tiada lain hanya untuk memastikan sistem sirkulasi udara berjalan dengan baik.

biologic1.jpg

Seperti yang dilansir dari Designboom.com (22/5/17) bahwa dalam pengembangannya, tim ilmuan yang dipimpin oleh Wen Wang menggunakan teknik bioprinting untuk melapisi bahan lateks dengan sel bakteri E. Coli. Dikatakan pula, penggunaan sel hidup merupakan pilihan terbaik karena sel hidup sangat sensitive terhadap tingkat kelembaban lingkungan sekitarnya. Jadi, sel hidup dapat menyesuaikan diri dengan mengembang dan mengempis ketika tubuh basah dan kering.

biologic2.jpg

Cara kerja dari pakaian ini cukup simple, yaitu saat berada pada suhu dengan temperature tinggi maka, sel akan berubah dan lateks pun turut bertransformasi. Jadi, saat pengguna pakaian ini mulai berkeringat maka tekstur lipatan akan tergulung dan menjadikan jendela sirkulasi udara menjadi lebih besar. Jadi, dengan baiknya sirkulasi udara maka suhu pada tubuh pun akan cepat stabil kembali.

Disebut sebagai kulit kedua, baju ini diharapkan dapat memberikan rasa nyaman kepada setiap penggunanya. Selain itu, demi menghindari anggapan buruk tentang produknya, MIT telah melakukan ujicoba sampai 100 kali terhadap temuan terbarunya tersebut.

 

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close