EventNews & Information

Paling Istimewa Sepanjang Abad! Gerhana Bulan Total Terlama akan terjadi AKHIR Juli 2018. Seperti apa?

Fenomena langka satu ini harus kamu ketahui PiBi!

Gerhana Bulan Total akan terjadi di akhir bulan Juli ini lho, Wah seperti apa ya? Pastinya pada penasaran dan nungguin fenomena ini kan ? Hmm.. Setelah Januari kita dihebohkan dengan fenomena Bulan Super atau Supermoon, yang berlangsung saat sebuah Bulan purnama berada pada titik orbit terdekatnya dengan Bumi. Pada bulan Juli ini akan mempersembahkan hiburan lain bagi para pengamat angkasa.

gerhana_bulan_1.jpg

Kamu harus tau PiBi! Gerhana Bulan total yang kabarnya akan terjadi pada akhir bulan Juli  2018 ini dapat dilihat secara langsung lho. Waw! Keren banget ya.. Diprediksikan fenomena alam ini bisa dilihat dengan mata telanjang, tapi dalam kondisi cuaca cerah banget, tanpa mendung, tanpa polusi cahaya. Pokonya bakal keren banget deh ya!

Kabarnya, gerhana bulan kali ini menjadi yang teristimewa sepanjang abad lho. Hal ini disebabkan pada saat gerhana nanti, bulan akan berada pada posisi terjauhnya dari bumi. Itulah yang menyebabkan bulan bergerak lebih lambat dan membutuhkan waktu lama untuk melewati bayangan bumi.

Planet Mars akan medekati Bumi, mencapai titik orbit dimana planet itu akan berada posisi terdekatnya dengan planet kita. Mars akan tampak 10 kali lebih cerah dari biasanya, dengan puncak kecerahannya yang terjadi pada tanggal 31 Juli .Bukan hanya itu teman-teman PiBi, jarak tersebut juga membuat bulan terlihat sedikit lebih kecil dari biasanya. Peristiwa inilah yang dinamakan sebagai micro blood moon.

Menurut NASA, gerhana bulan yang akan terjadi di akhir pekan ini akan berlangsung selama 103 menit, empat menit lebih pendek dari durasi terpanjang yang mungkin terjadi.durasi terpanjang setelah 18 tahun lalu tepatnya 16 Juli 2000 yang berlangsung selama 106 menit.

Bagi teman – teman PiBi yang ingin melihat langsung, Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin mengatakan bahwa  fenomena ini bisa disaksikan di seluruh wilayah Indonesia mulai pukul 01.24 WIB. Fase gerhana bulan totalnya sendiri mulai pukul 02.30 WIB sampai dengan 04.13 WIB, hampir dua jam. Sedangkan gerhananya akan berakhir sekitar pukul 05.19 WIB

gerhana_1.jpeg

BMKG menuliskan bahwa pada tahun ini setidaknya ada lima kali gerhana, tiga gerhana Bulan yang dapat diamati dari Indonesia dan dua gerhana matahari yang tidak dapat diamati dari Indonesia.

Pada tahun 2018 ini diprediksi terjadi lima kali gerhana, yaitu:

1. Gerhana Bulan Total (GBT) 31 Januari 2018 yang dapat diamati dari Indonesia

2. Gerhana Matahari Sebagian (GMS) 15 Februari 2018 yang tidak dapat diamati dari Indonesia, 3. Gerhana Matahari Sebagian (GMS) 13 Juli 2018 yang tidak dapat diamati dari Indonesia,

4. Gerhana Bulan Total (GBT) 28 Juli 2018 yang dapat diamati dari Indonesia, dan

5. Gerhana Matahari Sebagian (GMS) 11 Agustus 2018 yang tidak dapat diamati dari Indonesia.”

3_2.jpg

Walaupun akan terjadi di waktu tidur, cukup menarik juga untuk diamati bukan? Kita tunggu bareng-bareng ya fenomena tata surya ini !

 

Source: Channel News Asia

 

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close