Dibuka pada tanggal 7 November kemarin, pameran arsip seni Basoeki Abdullah mendapat segudang apresiasi dari seluruh pengunjung dan pegian seni di tanah air. Kamu tahu Basoeki Abdullah kan, PiBi? Beliau adalah seorang seniman kelahiran Surakarta pada tahun 1915 silam. Beberapa karya realis dan naturalis yang telah digoresnya, menjadikan pria tersebut menjadi seorang pelukis maestro Indonesia.

Nah, untuk mengenang sosok serta perjalanan Basoeki Abdullah, Dewan Kesenian Jakarta yang bekerjasama dengan beberapa pihak mengadakan sebuah pameran arsip seni yang bertajuk “Lacak!!”. Pameran ini dilangsungkan mulai tanggal 7 November dan akan berakhir pada tanggal 22 November 2017 besok. Pada konsepnya, pameran tersebut mengangkat semua hal yang terekam dalam arsip dan dokumen mengenai segala kegitan Basoeki Abdullah semasa hidupnya. Kegiatan tersebut tidak hanya melukis saja, melainkan menari, bermain musik, serta kegiatan yang mengandung unsur seni lainnya.

Kabarnya pameran ini dibagi menjadi empat subkurasi loh, PiBi. Pertama adalah “AKU” yang menggambarkan fase kehidupan Basoeki Abdullah mulai dari anak-anak hingga menua. Kedua adalah “DAYA” yang menggambarkan sang maestro ketika berkarya. Ketiga adalah “RUPA” yang menampilkan seluruh karyanya di media. Yang terakhir adalah “Mahsyur” yang akan menggambarkan sosok atau sisi lain dari Basoeki Abdullah yang jarang diketahui oleh masyarakat.

Di pameran ini kamu akan melihat ratusan lukisan dengan berbagai sudut pandang yang menggambarkan situasi dan kondisi pada era Pak Bas. Tentunya semua karya tersebut adalah bagian dari sejarah yang patut dilestarikan dan diketahui oleh seluruh generasi muda, termasuk kamu. Salah satu karya bersejarah yang dipajang adalah saat Pak Basoeki melukis beberapa tokoh di Indonesia serta tokoh dunia. Dari dalam negeri, Pak Basoeki pernah melukis Presiden kedua RI Bapak Soeharto beserta istrinya, Moh.Hatta, dan beberapa tokoh lainnya. Lalu dari luar negeri, Pak Basoeki juga pernah melukis Ibu Negara Filipina pada era 70-an yaitu Imelda Marcos.

Nah, bagi kamu yang ngaku pegiat seni, maka kamu wajib datang ke pameran ini, PiBi. Selagi waktunya masih tersisa sampai tanggal 22 November 2017. Lokasinya di Museum Basoeki Abdullahm Jl. Keuangan Raya No 19 Jakarta Selatan. Ditunggu ya, PiBi!

Apa Tanggapanmu?
  • Fascinated
  • Happy
  • Bored
  • Angry
  • Sad
  • Afraid

Apa Komentarmu ?

komentar