AnimalNews & Information

Panda Tidak Boleh Tahu Kalau Dia Punya Anak Kembar, Lho Kok Bisa ?

PalingBaru- Sahabat Pibi, taukah kamu, ternyata induk Panda tidak diperbolehkan mengetahui ketika dia melahirkan bayi kembar.

Mengapa demikian?

Karena terdapat kasus sebelumnya, ketika induk Panda melahirkan anak kembar, mereka akan meninggalkan salah satu bayinya.

ilustrasi

Bukan tanpa alasan induk Panda melakukan hal itu. Induk panda hanya memiliki susu dan energi terbatas untuk merawat dua bayi. Sehingga, jika salah satu bayi diterlantarkan, maka akan mengancam nyawa salah satu anak panda yang dilahirkan.

Hal ini diberitakan oleh pusat riset pengembangbiakan panda di Chengdu, Tiongkok. Beberapa minggu lalu, seekor induk panda baru saja melahirkan anak kembarnya. Namun, perawat mengambil salah satu bayinya.

Tapi, uniknya induk panda masih bisa menyusui kedua anak kembarnya lho. Para perawat mensiasatinya dengan menukar bayi panda tersebut setiap 10 hari sekali, untuk bergantian menyusu. Pada saat yang sama, bayi kembar satunya ditaruh dalam inkubator hangat dan diberi susu tambahan.

ilustrasi

Dengan cara ini, induk panda merasa bahwa dia hanya memiliki satu bayi saja. Langkah ini, sudah dilakukan pihak pusat riset pengembangbiakan panda selama bertahun-tahun.

Sebenarnya, panda kesulitan merawat anaknya karena hanya sedikit nutrisi yang terkandung dalam bambu makanannya. Oleh karena itu, panda akan diberi nutrisi tambahan oleh pihak riset pengembangbiakan panda Chengdu ini.

Cara ini terbukti berhasil dalam rangka menjaga bayi kembar panda serta memberikan nutrisi yang cukup hingga panda tersebut cukup dewasa untuk mandiri.

By Nana Riyana

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close