Uncategorized

Panduan Lengkap Sebelum Kamu Bermain EURO Fantasy League 2016!

Banyak orang cukup terkejut dengan dicoretnya Diego Costa, Juan Mata, dan Fernando Torres dari skuad timnas Spanyol. Mereka menyayangkan keputusan Vicente del Bosque ini. Tapi, tentu saja itu adalah hak prerogatif sang manajer.

Nah, seringkali kita para pecinta sepakbola berandai-andai buat punya tim sepakbola sendiri dimana kita bisa membentuk the dream team yang berisi pemain-pemain pilihan kita. Fantasy Premier League (FPL) bisa jadi yang paling populer untuk urusan ini. Sayangnya, dengan berakhirnya Liga Primer Inggris musim 2015/2016, maka FPL juga berakhir. Tapi, tenang saja. Sebentar lagi EURO 2016. Kamu tetap bisa pura-pura jadi manajer tim sepakbola, kok! Gimana caranya?

Untuk EURO kali ini UEFA meluncurkan sebuah aplikasi bernama EURO Fantasy League. Selain sebagai bentuk engagement antara event EURO dengan pecinta sepakbola, EURO Fantasy League ini juga bisa menyalurkan impianmu buat punya tim sepakbola sendiri. Hehehe…

Selain itu, ada hadiah menarik juga lho yang dipersembahkan oleh McDonald’s, seperti jersey, bola, sepatu, PES PS4, dan smartphone.  Mau? Kalau gitu simak dulu panduan lengkap main Game EURO Fantasy 2016 berikut ini.

Pilih Pemain Terbaik Untuk Tim Impianmu

Setelah kamu membuka situs atau sudah mengunduh aplikasi EURO Fantasy League, kamu bisa mendapatkan dan memainkan tim impianmu. Kamu akan diberi modal sebesar 100 juta Euro untuk membangun skuat. Selanjutnya, kamu harus memilih 15 pemain (sama seperti FPL) yang terdiri dari 2 penjaga gawang, 5 pemain bertahan, 5 pemain tengah dan 3 penyerang.

Tahap pertama, kamu bisa memilih semua pemain dari 24 negara yang ikut turnamen EURO 2016. Tapi, kamu hanya boleh memilih maksimal 3 pemain dari setiap negara untuk memperkuat skuatmu. Selanjutnya, pada tahap kedua (babak 16 besar) kamu bisa memilih maksimal 4 pemain dari setiap negara yang tersisa.

Tahap ketiga, pada babak seperempat final kamu bisa memilih maksimal 5 pemain dari setiap negara yang masih bertahan. Sedangkan untuk semifinal kamu bisa milih maksimal 6 pemain dari negara semifinalis. Kalau tim impianmu beruntung dan lolos ke final, ada maksimal 8 pemain dari dua negara finalis yang bisa kamu pilih.

Untuk urusan formasi, kamu bisa memilih banyak formasi yang bisa kamu terapkan, antara lain, 3-4-3, 3-5-2, 4-3-3, 4-4-2, 4-5-1, dan jika kamu ingin bermain bertahan, kamu bisa menggunakan formasi, 5-3-2 , 5-3-2 dan5-4-1.

Dengan modal dan peraturan di atas, maka kamu harus memikirkan strategi jitu untuk membeli, menjual, memainkan, atau mencadangkan pemain. Begitu juga dengan formasi yang akan kamu gunakan.

Nah, penentuan harga pemain dalam EURO Fantasy League itu berdasarkan dari penampilan pemain selama turnamen EURO 2016, bukan dari harga dari klub tempat mereka bermain. Selain itu, kamu bisa menjual dan mendapatkan keuntungan dari pemain tersebut ketika bermain dengan bagus di laga EURO 2016. Misalnya kamu membeli pemain seharga 5 juta Euro dan kamu menjualnya saat harga pemain naik jadi 5,2 juta Euro, kamu dapat keuntungan 200 ribu Euro.  

Pergantian  Pemain

Meskipun kita dibebaskan untuk mengganti pemain, tapi  jangan terlena, guys! Jangan sampai kita memilih pemain yang tidak bermain di pertandingan (karena cedera atau dicadangkan oleh manajernya). Sebaliknya juga jangan mencadangkan pemain, padahal dia bermain di pertandingan sesungguhnya.

Makanya kita dituntut untuk bersikap pandai dan selalu mengikuti pertandingan, pemberitaan, dan pengumuman susunan pemain sebelum pertandingan dimulai.  Tujuannya adalah jika salah satu pemain tidak kita turunkan, tapi pada susunan pemain sesungguhnya pemain tersebut dimainkan, maka kita bisa langsung melakukan pergantian pemain. Kalau nggak, kita bisa kehilangan poin. Sayang banget, kan?

Peraturan Poin

Selama EURO 2016 berlangsung, pemainmu akan diberikan poin berdasarkan penampilan mereka di lapangan. Peraturan seperti pada gambar dibawah ini.

Peraturan Poin (sumber: EURO Fantasy)

Jadi, kamu mesti memilih penjaga gawang dan pemain bertahan yang mampu mendukung serangan. Kalau kipper dan pemain bertahanmu ikut menyerang dan berhasil mencetak goal, maka kamu akan mendapatkan penambahan poin tinggi, yaitu, 6 poin.

Transfer Pemain

Setiap manajer EURO Fantasy diberikan kesempatan satu kali transfer pemain di setiap akhir match day. Kamu bisa memperbarui kekuatan dan menyegarkan kembali tim impianmu. Walaupun tidak ada transfer pemain yang gratis, kamu akan dikenakan biaya 4 poin.  

Tapi, kamu akan diberi kesempatan tak terbatas untuk transfer pemain saat penyisihan grup selesai dan akan memasuki babak 16 besar. Selanjutnya, pada babak perempat final, semifinal dan final masing-masing kamu akan di beri kesempatan 4 kali transfer pemain.

Ingat, kalau pemain yang kamu pilih dan negaranya sudah pasti lolos fase grup, biasanya akan ada banyak pergantian susunan pemainnya.  Strategi ini biasanya dipilih manajer untuk mengistirahatkan pemain bintangnya. Jadi, jangan sampai kamu kecolongan karena lupa tidak mengganti pemainmu, ya.

Liga

Ada 2 tipe liga yang ada dalam permainan ini, yaitu Private Leagues dan Public Leagues.

Private Leagues memungkinkanmu untuk membuat liga bersama dengan teman-temanmu. Contohnya, Tim palingbaru.com yang membuat liga sendiri, yaitu, Paling Euro 2016. Jika kamu ingin bergabung silahkan masukan kode ini:  44218QFE

Sedangkan untuk Public League, kamu akan otomatis masuk ke 2 liga: a) Global Leagues (tim dari Fantasy Manager seluruh dunia) dan; b) Country Leagues (Fantasy Manager yang berada di negaramu).

Wah! Seru banget, kan? Buat yang lagi istirahat main FPL bisa langsung coba main EURO Fantasy League 2016. Sementara buat yang belum pernah main FPL, tapi pengen mengicip rasanya jadi manajer sepakbola, ini saatnya buat kamu mewujudkan impianmu! Hehehe..

Unduh Aplikasi EURO Fantasy League

Google Play Android | App Store iOS

Selamat mengasah bakatmu untuk jadi manajer kelas dunia!

(FM/RF/ST)

Baca Juga: 

Jangan Ngaku PALING EURO Kalau Kamu Nggak Unduh Aplikasi Ini!

Cara Baru Nonton Pertandingan dan Behind The Scenes UEFA EURO 2016 Pakai Smartphone!

Ini Nama-Nama Pemain Bintang di Liga Eropa yang Tidak Ikut Serta dalam EURO 2016

Fakta dan Informasi Menarik Seputar Stadion UEFA EURO 2016: Parc des Prince

Pertandingan UEFA EURO 2016 akan Direkam Menggunakan Kamera Virtual Reality Nokia OZO!

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close