News & InformationScience

Para Ilmuwan Temukan Banyak Kehidupan di Bawah Bumi

Palingbaru – Hai sahabat Pibi, kita tahu bahwa bumi adalah planet yang paling ramah buat kehidupan. Kita bisa hitung banyak sekali yang hidup di bumi ini, mulai dari makhluk yang berukuran besar sampai pada makhluk berukuran kecil seperti bakteri dan kawan-kawannya.

Belum lama ini, para ilmuwan menemukan fakta yang mencengangkan tentang keadaan di bawah bumi ini. Mereka menemukan kehidupan yang lebih ramai dibanding dengan yang ada di atas permukaan bumi itu sendiri.

Sumber : Gaetan Borgonie_AFP_Getty Images_Extreme Life

Para peneliti itu tergabung dari 53 negara yang berjumlah 1.200 ilmuwan dari berbagai disiplin, dari geologi, mikrobiologi, hingga kimia dan fisika.

Sebagaimana dikutip dari The Guardian, meski kehidupan di bawah bumi itu sangat panas dan tak ada cahaya, kandungan nutrisi yang kecil dan tekanan yang kuat, tetapi di sana terdapat banyak mikroorganisme.

Para ilmuwan memperkirakan ada sebanyak 15 miliar hingga 23 miliar ton. Berat itu ratusak kali lipat dari setiap manusia di bumi.

Sampel penelitian ini telah diambil dari lubang bor yang kedalamannya lebih 5 km. Selain itu dibantu juga oleh pengeboran bawah laut untuk membangun model ekosistem dan menghitung perkiraan kandungan karbon di dalamnya.

Rinciannya, ditemukan 70 persen bakteri bumi dan archae yang berada di bawah permukaan seperti Altiarchaeales berduri, yang hidup di dalam mata air belerang.

Selain itu, ada juga Geogemma barossii, organisme berser tunggal yang berada di lubang hidrotermal yang berlokasi di bawah laut.

Para peneliti menemukan fakta luar biasa lainnya, yakni ketika alat bor itu semakin dalam ke dalam bumi, mereka semakin mendapati banyak mikroorganisme yang hidup.

by Abdul Hamid

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close