HealthNews & InformationScience

Para Peneliti Berhasil Mengubah Sel Kanker Menjadi Lemak

Palingbaru – Sahabat Pibi pasti tahu, betapa banyak jalan yang sudah ditempuh para praktisi kesehatan untuk menaklukkan kanker. Nah, kali ini ada peneliti yang berhasil menghambat penyebaran kanker payudara dengan mengubahnya menjadi lemak.

Sebagaimana dikutip dari Science Alert, para peneliti telah berhasil berusaha mengubah sel kanker payudara menjadi lemak. Usaha ini dilakukan dalam pembuktian pada penelitian terhadap tikus.

Sumber: Department of Biomedicine, University of Basel

Capaian ini ditempuh peneliti dengan memanfaatkan jalur aneh yang dimiliki sel-sel kanker metastasis. Walau ini hanya menjadi langkah pertama, tetapi hal ini telah menjadi pendekatan yang cukup menjanjikan.

Proses perubahan sel seperti ini berlaku juga ketika janin menumbuhkan organ-organ, sel epitel mulai terlihat berkurang dan lebih cair.

Ini berarti terjadi perubahan ke suatu tipe dari sel stem yang disebut “mesenchyme” dan sel yang lama itu berubah menjadi sel apa pun yang tubuh inginkan.

Proses perubahan ini disebut juga transisi epithelial-mesenchymal (EMT) dan sudah lama diketahui bahwa kanker dapat menggunakan jalur proses yang seperti ini, berlawanan dari proses transisi mesenchymal  ke epitel  (MET) yang membuat kanker itu menyebar ke seluruh tubuh.

Sumber: Istock

Pada penelitian ini, tim riset mencoba mengambil tikus yang dicangkokkan dengan bentuk agresif dari kanker payudara manusia, dan mencoba untuk mengobatinya dengan obat diabetes, yang bernama rosiglitazone dan obat kanker bernama trametinib.

Berkat obat-obat inilah sel kanker itu bisa diarahkan untuk menjadi lemak saat mereka mencoba menyebarkan dirinya ke seluruh tubuh. Alih-alih menyebar, sel kanker itu justru berubah menjadi lemak.

by Abdul Hamid

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close