CulinariesI Like ItNews & Information

Pecinta Alpulkat Pasti Kepingin! Alpukat Raksasa Asal Negeri Kanguru ini Bikin Ngiler

Hayo PiBi ngaku siapa yang suka Alpukat? Apalagi kalau di-jus mix susu dan dicampur es batu hmmm seger banget yah…Para pecinta alpukat siap-siap ngiler yah! Alpukat yang sering kita jumpai beda banget dengan alpukat Australia yang satu ini. Walaupun rasanya mungkin hampir sama dengan alpukat pada umumnya, yang membedakannya  adalah ukuran. Wah sebesar apa sih?

2_71.jpg

 

Inilah Avozilla, sebutan masyarakat Australia menyebut alpukat raksasa ini. Memiliki ukuran sebesar kepala orang dewasa dan berat rata-rata 1,2 kilogram. Menurut informasi yang dikutip dari laman Guardian Australia, avozilla berasal dari Afrika Selatan, dan masuk ke Inggris pada 2013. Namun seorang petani, Ian Groves, sudah menanamnya di Queensland, Australia, sejak 1957. Groves dianggap sebagai orang pertama yang membawa varietas alpukat ini ke tanah negeri kanguru.

t.jpeg

Groves menanamnya sendiri di kebun miliknya, kemudian mendistribusikan hasil panenya ke berbagai daerah, seperti Sydney, Adelaide, dan Perth. Groves mengaku, keluarganya membeli pohon dan bibit yang berbeda dan ditanam 10 tahun lalu sebagai percobaan. Sempat ingin menyerah setelah menunggu 5 tahun, Groves memutuskan untuk menanam di blok yang kecil, hanya ada 400 pohon. Barulah setelah 4 tahun kemudian, dirinya mendapati hasil panen pertamanya. Ternyata sampai sekarang sebuah perusahaan di Afrika Selatan yang pertama kali mengembangkan varietas alpukat ini masih memegang hak cipta. Bagi orang yang ingin mengembangkannya, Ia menyarankan untuk mengurus izin terlebih dahulu dan membayar royalti. Dan harganya juga nggak main-main loh, Avozilla si Alpukat raksasa dijual dengan harga 11,3 poundstreling atau setara 216.300 perbuahnya.

 Wah keren banget yah. Bagaimana yah jika di Indonesia ada Alpukat sebesar ini?

 

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close