News & InformationTechnology

Peluncuran Roket Komersil Punya Layanan Hal Tak Terduga

Palingbaru – Hai sahabat Pibi, kamu tau gak apa sih yang dibawa roket-roket yang pergi ke antariksa selain satelit? Kebanyakan orang mungkin roket itu hanya membawa satelit saja, tak ada yang lain.

Nah, ternyata seperti yang diberitakan The Independent, beberapa roket yang telah meluncur telah membawa barang lain selain satelit.

Apa itu? Abu kremasi atau abu orang mati. Abu kremasi itu datang dari orang yang ingin memberi penghargaan pada orang yang dicintainya yang telah meninggal.

Tawaran unik ini telah ada di ekspedisi penerbangan ke antariksa. Abu tersebut ditaruh ke dalam sebuah satelit yang akan mengorbit bumi.

Perusahaan yang menyediakan layanan ini di antaranya Elysium Space dan Celestis. Perusahan itu menyebut layanan ini sebagai momen yang bagus untuk mengenang orang-orang yang dicintai. Yakni dengan mengirimkan abu kremasi mereka terbang ke ruang angkasa.

Abu orang-orang mati itu akan berjalan-jalan dengan satelit yang membawanya di angkasa, di antara bintang-bintang alam semesta.

Roket Falcon 9, roket keluran Elon Musk pernah membawa 308 set abu kremasi saat roket itu terbang membawa perbekalan ke stasiun ruang angkasa.

Saat itu, orang-orang punya jatah satu gram per abu kremasi untuk disimpan ke satu kapsul di roket tersebut.

Falcon 9 kala itu membawa abu dari para astronot dan juga mendiang James Doohan, seorang aktor yang berperan di film Star Trek.

Kabarnya, Falcon 9 akan meluncur lagi dan membawa 100 set abu orang meninggal. Biaya untuk melakukan ini bisa mencapai 2.490 US dollar.

by Abdul Hamid

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close