FashionHealthLifestyleNews & Information

Pemakaian Make up Mempengaruhi Masa Pubertas Perempuan

Palingbaru – Hai sahabat Pibi, mungkin kamu tahu kalau masa puber seseorang itu ga sama. Bedanya mungkin satu bulan atau bisa jadi lebih. Nah ngomongin soal puber, kamu pernah ga berpikir apa sih faktor yang membuat orang bisa cepat puber?

Studi dari University of California baru-baru ini telah menemukan satu faktor penentu cepatnya puber, khususnya buat anak perempuan. Sebagaimana dikutip dari The Independent, perempuan bisa lebih cepat puber karena pemakaian make up.

Make up yang dimaksud adalah yang terbuat dari bahan-bahan kimiawi buatan seperti sampo, lipstik, dan produk kecantikan lainnya.

Penelitian ini mengungkap bagaimana barang-barang kimiawi itu berdampak pada pertumbuhan tanda-tanda hormon.

Apa yang diuji dari sekian banyak bahan kimiawi di dalam produk kecantikan itu? Para peneliti menguji kelompok bahan kimiawi seperti phtalate, paraben dan phenol lewat pemeriksaan pada urin.

Bahan seperti phthalate digunakan untuk pewangi parfum, deodorant, sabun. Sementara paraben adalah bahan pengawet kosmetik, sedangkan phenol digunakan pada lipstik dan alat kosmetik pembersih.

Riset ini dilakukan secara jangka panjang, di mana informannya sudah mendaftar sejak tahun 1999 dan 2000. Mereka meliputi 179 anak perempuan dan 159 anak laki-laki, berikut dengan ibu-ibunya. Para peneliti kemudian mengambil sampel dari ibu hamil dan dari anak-anak yang berumur 9 tahun.

Hasilnya, bahan kimiawi yang ditemukan pada urin perempuan hamil, anak yang ia lahirkan kelak melewati masa puber sebulan lebih cepat dari rata-rata perempuan pada umumnya.

Temuan ini khususnya didapat dari ibu hamil yang memakai kosmetik kimiawi dengan jumlah dua kali lebih banyak. Misalnya, mereka yang memakai kosmetik yang mengandung paraben berdampak pada anak perempuannya kelak setelah lahir.

Ia akan tiba pada masa puber dengan waktu yang lekas. Meski penelitian ini dilakukan juga pada anak lelaki, tetapi para peneliti tidak menemukan bukti bahwa masa puber anak laki-laki bisa dipengaruhi oleh kosmetik yang dipakai ibunya saat mengandungnya.

by Abdul Hamid

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close