News & InformationScience

Pemanasan Global : Sebuah Pulau di Jepang Menghilang

PalingBaru- Hai Sahabat Pibi, pernah enggak sih kamu terbayang, tiba-tiba ada sebuah Pulau yang sering kamu lihat, tiba-tiba menghilang?

Hal ini memang terjadi lho di utara Jepang, yakni pulau Esanbe Hanakita Kojima dikabarkan telah menghilang dan tanpa ada yang menyadari. What?

Dilansir dari sciencealert, seorang penulis bernama Hiroshi Shimizu menulis sebuah buku yang mengisahkan tentang pulau tersembunyi di Jepang.

Foto Ilustrasi

Pada bulan September lalu ia kembali mengunjungi area tersebut, namun ia tak menemukan pulau itu dan berkesimpulan pulau Ensanbe Hanakita Kojima menghilang.

Ia pun bergegas memberi tahu para nelayan setempat. Para nelayan mengirimkan kapal untuk memeriksa keberadaan pulau Esanbe Hanakita Kojima dan hanya menemukan sedikit daratan yang berupa bebatuan.

Pulau Esanbe Hanakita Kojima hanya berdiri pada ketinggian 1,4 meter atau sepanjang 4,6 kaki di atas permukaan laut. Penjaga pantai Jepang pun melaporkan bahwa pulau tersebut telah di survei pada 1987, dan beberapa nelayan setempat masih mengingat keberadaanya.

Pulau Esanbe Hanakita Kojima adalah salah satu dari 158 pulau yang tak berpenghuni di Jepang , resmi dinyatakan pulau sejak 2014 lalu. Pulau ini tak jauh dari Hokkaido, tepatnya berjarak 500 meter dari pantai Desa Sarafusu.

Meskipun masih dilakukan investigasi lanjutan untuk mencari tahu penyebab dibalik menghilangnya Pulau Ensanbe Hanakita Kojima. Namun, para ahli mempercayai bahwa penyebab hilangnya pulau Esanbe Hanakita Kojima terkikis oleh kombinasi es dan ombak, dan terjadinya peningkatan permukaan air dampak dari pemanasan global.

Peristiwa ini seolah seolah memberikan tanda bahwa pulau-pulau kecil pun bisa mengalami hal serupa.

By Nana Riyana

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close